NAFDIN AFKARINA, 12204193131 (2024) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (768kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (798kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (555kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Lingkaran Di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Nafdin Afkarina, NIM. 12204193131, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy Kemampuan komunikasi matematis merupakan kecakapan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika secara lisan, tertulis, gambar, diagram, menggunakan benda nyata atau simbol matematika. Salah satu faktor penyebab dari rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa adalah self-efficacy. Jika self-efficacy siswa rendah maka kemampuan komunikasi juga rendah. Hal ini dibuktikan ketika siswa tidak percaya diri maka siswa mengalami kesulitan untuk mengungkapkan ide-ide matematikanya pada saat menyelesaikan masalahnya. Oleh sebab itu, pengaruh keduanya sangat penting untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Self-Efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsN 2 Blitar pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian causal comparative resaarch. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Blitar dan sampel penelitian ini siswa kelas VIII F sebanyak 32 siswa yang ditetapkan dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes tulis berupa soal kemampuan komunikasi matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Dimana uji regresi dilakukan ketika uji prasyaratnya terpenuhi, dengan uji prasyarat adalah uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan perhitungan diketahui persamaan regresi nya adalah Y = 89,912 – 0,288X, artinya setiap penambahan 1% tingkat self-efficacy(X), maka kemampuan komunikasi matematis (Y) akan meningkat sebesar -,288.. Dengan nilai thitung adalah 4,072 dengan taraf signifikan 0,05 dan didapat nilai ttabel sebesar 2,042 menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian ini adalah ada pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi lingkaran di MTsN 2 Blitar. Besar pengaruh nya yaitu 2,1%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193131 NAFDIN AFKARINA |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 01:51 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 01:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44424 |
Actions (login required)
View Item |