PRIMORDIALISME REMAJA (Studi Fenomenologi Solidaritas Sosial di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar di Lingkungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur)

MUHAMAD LUKMAN KHAKIM, 12309193087 (2024) PRIMORDIALISME REMAJA (Studi Fenomenologi Solidaritas Sosial di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar di Lingkungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur). [ Skripsi ]

[img] Text
Primordialisme Remaja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana sikap primodialisme dapat mempengaruhi pola interaksi dan upaya pembentukan hubungan yang harmonis pada para Penerima Manfaat di UPT PSBR Blitar. Mengingat UPT PSBR Blitar memiliki tujuan yaitu terwujudnya kemampuan berfungsinya sosial bagi remaja, baik dalam berkeluarga, kelompok maupun dalam bermasyarakat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi . Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat perubahan pola interaksi baik secara individu maupun kelompok yang terjadi pada PM, dimana PM yang awalnya dalam berinteraksi masih melihat dari sisi latar belakang dan berkelompok menjadi aktif berinteraksi terlepas perbedaan yang ada. Perubahan tersebut dilatar belakangi oleh kesadaran secara kolektif dan keterlibatan para PM dalam kegiatan-kegiatan yang ada di organisasi karang taruna UPT PSBR Blitar. Maka dari itu dengan melibatkan seluruh PM dalam kegiatan-kegiatan yang ada di karang taruna, upaya menciptakan solidaritas sosial di antara para PM dapat tercapai. Kata kunci : primordial, remaja, solidaritas

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309193087 MUHAMAD LUKMAN KHAKIM
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:18
Last Modified: 25 Mar 2024 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44469

Actions (login required)

View Item View Item