PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN DALAM PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (Studi di KUA Kecamatan Wilangan Nganjuk)

ILHAM NUR CHALIMI, 12102183141 (2024) PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN DALAM PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (Studi di KUA Kecamatan Wilangan Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (355kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Ilham Nur Chalimi 12102183141, Pelaksanaan Program Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin Dalam Perspektif Maslahah Mursalah (Studi di KUA Kecamatan Wilangan Nganjuk), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata kunci : Bimbingan Pra Nikah, Calon Pengantin, Maslahah Mursalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan bimbingan pra nikah yang umumnya dilaksanakan setiap tahun oleh Kantor Urusan Agama masing-masing daerah dalam hal ini khususnya Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wilangan yang merupakan salah satu penyelenggara bimbingan pra nikah di Kabupaten Nganjuk terdapat berbagai perbedaan dengan KUA lainnya dalam pelaksanaanya sehingga membuat peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam terkait pelaksanaan program bimbingan pra nikah yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Wilangan jika ditinjau dari perspektif maslahah mursalah. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana pelaksanaan program bimbingan pra nikah bagi calon pengantin di KUA kecamatan wilangan 2) Bagaimana program bimbingan pra nikah dalam perspektif maslahah mursalah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Teknik pengumpulan data dari penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi pihak lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan program bimbingan pra nikah bagi calon pengantin di KUA Kecamatan Wilangan belum bisa dilaksanakan secara optimal sebab hanya bisa dilakukan sekali dalam satu tahun karena tidak memenuhi ketentuan batas minimum pelaksanaan dilakukannya program bimbingan pra nikah jika ada 15 pasangan calon pengantin, terdapat kendala dimana program bimbingan pra nikah belum dijadikan persyaratan wajib sehingga kurang di prioritaskan oleh pasangan calon pengantin. 2) Ditinjau dari maslahah mursalah pelaksanaan bimbingan pra nikah memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sehingga mampu saling mengerti dan menyelesaikan masalah atau perselisihan dalam rumah tangga dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183141 ILHAM NUR CHALIMI
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:57
Last Modified: 25 Mar 2024 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44489

Actions (login required)

View Item View Item