PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2015/2016

SOFIA NORMASARI, 2814123144 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Normasari, Sofia. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Pemahaman Siswa Materi Persamaan Garis Lurus di SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Metode Problem Based Instruction, Pemahaman, Persamaan Garis Lurus Disadari oleh semua pihak bahwa matematika merupakan sebuah ilmu dengan objek kajian yang abstrak. Keabsahan konsep matematis didasarkan pada kajian dasar memahami konsep-kosep matematika. Hal ini sangat kontras dengan pikiran kebanyakan siswa yang terbiasa berpikir tentang objek-objek yang konkret. Oleh karena itu, konsep-konsep matematika yang abstrak tidak sekedar ditransfer begitu saja dalam bentuk kumpulan informasi kepada siswa. Dengan fenomena berpikir siswa yang objektif, mengakibatkan kurangnya pemahaman penguasaan materi. Hal ini juga dipengaruhi oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Metode pembelajaran yang baik akan berdampak pada pemahaman serta prestasi yang diperoleh siswa. Sehingga dibutuhkan karakter atau kepribadian yang cerdas serta dorongan untuk dapat menghadapi berbagai masalah yang dihadapi dalam pemahaman materi pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengajark siswa aktif di dalam kegiatan belajar mengajar serta menjadikan siswa mampu mengembangkan melalui kreatifitas masing-masing. Problem based instruction merupakan salah satu metode pembelajaran inkuiri yaitu suatu rangkaian kegiatan belajar mengajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, analitis dan logis sehingga dapat menemukan penemuannya dengan percaya diri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode problem based instruction untuk meningkatkan pemahaman dua garis saling sejajar materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol. Sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dengan meanggunakan metode pembelajaran problem based instruction dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol atau dalam hal ini tanpa menggunakan metode pembelajaran problem based instruction sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan sekolah, populasi, sampel, profil sekolah serta data-data yang berhubungan dengan penelitian. Tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa setelah diberi metode pembelajaran problem based instruction dan tanpa diberi metode pembelajaran problem based instruction. Setelah peneliti melakukan penelitian dan memperoleh data, selanjutnya peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan metode problem based instruction terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus di SMPN 1 Sumbergempol dengan nilai t_hitung= 3,118 > t_tabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran problem based instruction terhadap pemahaman siswa materi persamaan garis lurus di SMPN 1 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123144 SOFIA NORMASARI
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:22
Last Modified: 03 Jan 2017 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item