DINAMIKA FOMO PADA PERILAKU KONSUMEN TREND FASHION (Fenomenologi Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam Angkatan 2019 Di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

LAIFA LISNIATUN NADHIFAH, 12308193074 (2024) DINAMIKA FOMO PADA PERILAKU KONSUMEN TREND FASHION (Fenomenologi Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam Angkatan 2019 Di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
DINAMIKA FOMO PADA PERILAKU KONSUMEN TREND FASHION (Fenomenologi Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam Angkatan 2019 Di Universitas Islam Negeri Sayyid Al.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fenomena FoMO yang dialami oleh para mahasiwa menjadikan fashion bukan hanya sebagai kebutuhan dasar akan tetapi sudah menjadi gaya hidup bagi para mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini merupakan 3 perwakilan mahasiswa jurusan Psikologi Islam dengan kriteria : 1. Berstatus sebagai mahasiswa jurusan Psikologi Islam angkatan 2019 di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2. Mengalami FoMO pada fashion, 3. Informan sering menggunakan gadget dalam aktivitas sehari-hari (dengan durasi lebih dari 3jam dalam sehari), 4. Tergolong aktif dalam penggunaan media sosial seperti mengikuti komunitas fashion, fashion content creator dsb. Dan, 5. Mahasiswa yang memiliki antusias untuk diwawancarai dan dimintai informasi. Lokasi penelitian bertempat di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, fokus kajian penelitian ini yaitu bagaimana gambaran pengalaman fenomena FoMO fashion yang dialami oleh mahasiswa jurusan Psikologi Islam. Serta, penulis juga mencoba menggali beberapa faktor yang mempengaruhi, ciri-ciri dan dampak yang ditimbulkan dari fenomena FoMO tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fenomena FoMO yang dialami oleh para mahasiswa menimbulkan efek khawatir dan kekecewaan berlebihan ketika mereka tidak bisa mengikuti perkembangan fashion yang ada. Selain itu, fomo trend fashion ini juga membuat para mahasiswa menjadi boros. Mereka tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan semata, fokus dan produktifitasnya sebagai mahasiwa yang seharusnya lebih memikirkan jalannya perkuliahan menjadi terganggu. Kata kunci: FoMO (Fear of Missing Out), Trend fashion, Mahasiswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193074 LAIFA LISNIATUN NADHIFAH
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:37
Last Modified: 25 Mar 2024 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44503

Actions (login required)

View Item View Item