PENGARUH DESAIN RAMBU-RAMBU PERPUSTAKAAN TERHADAP PROSES TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN KEDIRI

AHMAD DANY ZAMANI, 12310193085 (2024) PENGARUH DESAIN RAMBU-RAMBU PERPUSTAKAAN TERHADAP PROSES TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH DESAIN RAMBU-RAMBU PERPUSTAKAAN TERHADAP PROSES TEMU KEMBALI INFORMSASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN KEDIRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendahuluan. Tata letak dan desain rambu perpustakaan yang baik akan memudahkan pengguna dalam menelusuri sumber-sumber pengetahuan yang ada di perpustakaan. Ketika pengguna tidak mengetahui bahan pustaka yang dicari, mereka pasti akan mencari informasi pada rambu-rambu perpustakaan, sehingga apabila rambu-rambu tersebut tidak didesain dengan baik, pengguna cenderung bingung dan bertanya kepada petugas atau pustakawan. Hal ini menandakan bahwa ketidakjelasan rambu-rambu perpustakaan yang ada mempengaruhi proses temu kembali informasi. Di Perpustakaan Mastrip Kediri terdapat ketidakjelasan dalam desain rambu-rambu perpustakaan yang ada di dalamnya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh desain rambu-rambu perpustakaan terhadap proses temu kembali informasi. Metodologi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang menunjukkan pengaruh variabel x (desain rambu perpustakaan) terhadap variabel y (temu kembali informasi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Perpustakaan Mastrip Kediri selama tiga bulan terakhir pada tahun 2023 yang berjumlah 1825 orang dan sampel sebanyak 95 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, regresi linier sederhana, dan uji asumsi klasik. Hasil dan Pembahasan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara desain rambu perpustakaan dengan temu balik informasi, yaitu sebesar 21%. Sedangkan variabel desain rambu perpustakaan mendapatkan nilai tengah sebesar 45 dan variabel temu kembali informasi mendapatkan nilai tengah sebesar 36. Kesimpulan. Temu kembali informasi yang terdapat di perpustakaan dipengaruhi oleh bagaimana rambu-rambu perpustakaan didesain. Rambu-rambu perpustakaan yang ada di Perpustakaan Mastrip Kediri sudah didesain dengan baik sehingga memudahkan proses temu kembali informasi yang ada di perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan > Arsip
Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Umum
Ilmu Perpustakaan > Pustakawan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 12310193085 AHMAD DANY ZAMANI
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:18
Last Modified: 26 Mar 2024 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44528

Actions (login required)

View Item View Item