MANAJEMEN KONFLIK KELUARGA PADA ANGGOTA KOMUNITAS PECINTA ANIME (ANIME LOVERS) DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus di Kota Surabaya)

MUHAMMAD RIFKI ZIDAN RAMADHAN, 12102193066 (2024) MANAJEMEN KONFLIK KELUARGA PADA ANGGOTA KOMUNITAS PECINTA ANIME (ANIME LOVERS) DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus di Kota Surabaya). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

M Rifki Zidan R, 12102193066, Manajemen Konflik Keluarga pada Komunitas Pecinta Anime (Anime Lover) dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing Ladin S.H. M.H. Kata Kunci : Manajemen Konflik, Komunitas Pecinta Anime, Keluarga Sakinah Keluarga sakinah adalah keluarga yang dibangun oleh sepasang suami istri yang telah sepakat untuk hidup bersama dengan rasa kasih sayang, ketulusan, serta kesetiaan yang didasari oleh keyakinan dan dikukuhkan melalui sebuah pernikahan. Keluarga sakinah merupakan tujuan dari perkawinan dan juga dambaan setiap pasangan suami istri yang telah berumah tangga, yaitu rumah tangga yang damai dan bahagia, tak terkecuali dengan pasangan suami istri yang notabenenya adalah seorang pecinta anime, begitu juga untuk orang-orang yang semakin banyak pecinta anime yang berkeinginan untuk membangun keluarga yang sakinah dan keluarga maslahah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana konflik keluarga yang dihadapi anggota komunitas anime lovers?. 2) Bagaimana dampak konflik keluarga yang dihadapi anggota komunitas anime lovers?. 3) Bagaimana anggota komunitas anime lovers dalam mengelola konflik keluarga demi terwujudnya keluarga sakinah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui konflik keluarga yang dihadapi anggota komunitas anime lovers. 2) Untuk mengetahui dampak konflik keluarga yang dihadapi anggota komunitas anime lovers. 3) Untuk mengetahui anggota komunitas ainme lovers dalam mengelola konflik keluarga demi terwujudnya keluarga sakinah. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara lapangan dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik Trianggulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Istri marah karena suami lebih mementingkan hobinya daripada keluarganya, banyaknya cibiran-cibiran dari masyarakat dan keluarga besar, mahalnya biaya dalam mengikuti event jejepangan. 2) adanya keretakan dalam rumah tangga, tetangga sekitar maupun keluarga besar, melemahnya ekonomi keluarga. 3) melakukan komunikasi interpersonal, manajemen waktu yang baik, mengelola manajemen keuangan dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193066 MUHAMMAD RIFKI ZIDAN R
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:06
Last Modified: 26 Mar 2024 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44541

Actions (login required)

View Item View Item