TRANSFORMASI PESANTREN DI JAWA KONTEMPORER STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN TERPADU AL-KAMAL

MUHAMMAD RIDHO SUBEKTI, 12309193069 (2024) TRANSFORMASI PESANTREN DI JAWA KONTEMPORER STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN TERPADU AL-KAMAL. [ Skripsi ]

[img] Text
TRANSFORMASI PESANTREN DI JAWA KONTEMPORER STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN TERPADU AL-KAMAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pesantren di Kabupaten Blitar tepatnya di Desa Kunir terdapat pesantren yang bersifat campuran serta memberikan label untuk membedakan mereka dengan pesantren yang lain. Penggunaan label terpadu ini merupakan ciri yang membedakan Al Kamal dengan beberapa pesantren dikarenakan penekanan terhadap terpadu yang dimaksudkan dengan sistem pembelajaran campuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal secara perkembangannya merupakan pendidikan berbasis klasikal dan non klasikal. 2) Karakteristik Pesantren Terpadu Al Kamal berbeda dengan pesantren yang menggunakan sistem pembelajaran serupa, perbedaannya adalah sistem pembelajaran pondok salaf dan modern yang sama-sama menonjol dan diunggulkan. 3) Transformasi pesantren terpadu pada Al Kamal merupakan bentuk perubahan sosial sebagaimana teori yang dikembangkan Gillin dan Gillin. Proses transformasi sosial mencakup dua elemen utama yaitu “diffusion of innovation” (difusi inovasi) atau penemuan-penemuan baru dan interaksi sosial. Kata Kunci: Transformasi Pesantren, Pesantren Terpadu

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309193069 MUHAMMAD RIDHO SUBEKTI
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:44
Last Modified: 27 Mar 2024 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44612

Actions (login required)

View Item View Item