KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

LATIFATUL MUFIDAH, 12204193128 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (582kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Skripsi ddengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kalidawir” ini ditulis oleh Latifatul Mufidah, NIM. 12204193128, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd Kata kunci: Self Efficacy, Kemampuan Penalaran Matematis, Lingkaran Kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika adalah kemampuan penalaran matematis. Kemampuan penalaran diperlukan pada semua kegiatan dan terutama pada saat pembelajaran matematika. Ketika pembelajaran matematika kemampuan penalaran diwujudkan dengan cara mampu mempresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, mengimplementasi strategi penyelesaian, dan menggeneralisasi kesimpulan. Salah satu faktor pendukung kemampuan penalaran adalah adanya self efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan yang harus dimiliki oleh setiap siswa saat proses pembelajaran dan dapat berguna mengukur seberapa usaha siswa saat menghadapi kesulitan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 3 Kalidawir; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self efficacy sedang pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 3 Kalidawir; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self efficacy rendah pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 3 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIII-D SMPN 3 Kalidawir. Penentuan subjek berdasarkan hasil skor angket self efficacy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket self efficacy, tes kemampuan penalaran matematis dengan materi lingkaran, dan wawancara. Proses analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, sampai dengan menarik kesimpulan dan verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan temuan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Siswa dengan kategori self efficacy tinggi mampu menerapkan empat indikator penalaran matematis yaitu mempresentasikan ide, menentukan strategi penyelesaian, mengimplementasi strategi penyelesaian, dan menggeneralisasi kesimpulan. (b) Siswa dengan kategori self efficacy sedang mampu menerapkan dua indikator penalaran matematis yaitu mempresentasikan ide dan menentukan strategi penyelesaian, (c) Siswa dengan kategori self efficacy rendah hanya mampu menerapkan satu indikator penalaran matematis yaitu mempesentasikan ide.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193128 LATIFATUL MUFIDAH
Date Deposited: 29 Mar 2024 04:33
Last Modified: 29 Mar 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44631

Actions (login required)

View Item View Item