PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LAB VIRTUAL “PHET” TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

DIAH AYU NURCAHYANI, 12212193122 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LAB VIRTUAL “PHET” TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (799kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK. Skripsi yang berjudul ”Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik berbantuan LabVirtual PhET terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN ITulungagung Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan, Skrispi ini ditulis oleh DiahAyu Nurcahyani, NIM: 12212193122, Jurusan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Bapak Ivan Ashif Ardhana, M.PdKata Kunci: PHeT, Lab Virtual, Hasil Belajar dan Motivasi BelajarRendahnya ketuntasan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutandisebabkan karena pembelajaran hanya menekankan pada latihan soal (simbolik). Selain itu,motivasi belajar siswa juga rendah karena jarang dilakukan kegiatan praktikum. Oleh karenaitu, diperlukan pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan labvirtual “PhET”. Melalui pendekatan saintifik siswa belajar sesuai dengan tahapan ilmiahsehingga siswa secara mandiri dapat mengumpulkan informasi hingga menyelesaikanpermasalahan yang dihadapi dengan tetap didampingi oleh guru. Hal ini dapat membantuvisualisasi representasi kimia secara makroskopis dan submikroskopis. Media ini dapatmenyediakan pembelajaran yang praktis dan mudah digunakan. Tujuan penelitian ini sebagaiberikut; 1. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik berbantuan labvirtual “PhET” terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. 2.Untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan lab virtual “PhET” terhadapmotivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung materi kelarutan dan hasil kalikelarutan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakanadalah quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian menggunakan Post-Test OnlyControl Group Design. Instrumen penelitian hasil belajar menggunakan tes dengan bentukpilihan ganda sebanyak 15 soal (nilai validitas 0,792 dan reliabilitas 0,981), sedangkanmotivasi belajar diukur dengan menggunakan angket. Sebaran data terdistribusi normal danhomogen sehingga uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample T-test(1) Pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata kelaseksperimen 76,88 lebih tinggi dibanding kelas kontrol 57,9, dengan nilai signifikansinya 0,000. (2) Pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggidibanding kelas kontrol, dengan nilai signifikansinya 0,000. Hal ini membuktikan bahwapenggunaan pendekatan saintifik berbantuan “PhET” berpengaruh terhadap hasil belajar danmotivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Tulungagung pada materi kelarutan dan hasil kalikelarutan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193122 DIAH AYU NURCAHYANI
Date Deposited: 17 May 2024 07:41
Last Modified: 17 May 2024 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44642

Actions (login required)

View Item View Item