PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG

HARINDA MAULITA, 12204183295 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Induktif Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Harinda Maulita, NIM. 12204183295, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif, Teorema Pythagoras Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan pada proses pembelajan. Hal ini merupakan dampak dari model pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi dan situasi siswa yang terkadang menimbulkan kejenuhan saat kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu pendidik harus mengubah model pembelajaran agar mampu mengembangkan pemahaman konsep dan meningkatkan hasil belajar yakni menggunakan model pembelajaran induktif. Pembelajaran induktif adalah sebuah pembelajaran bersifat langsung untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran induktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran induktif terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yakni kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa.dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan ada tiga macam, yakni uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran induktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Berdasarkan perhitungan hasil uji t- test untuk nilai pemahaman konsep diperoleh nilai Signifikansi 0,004 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Berdasarkan perhitungan hasil uji t-test untuk nilai hasil belajar diperoleh nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran induktif terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Berdasarkan perhitungan hasil uji Manova diperoleh dari tabel Pillai’s Trace, Wilks, Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memunyai nilai Signifikansi 0,000 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183295 HARINDA MAULITA
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:45
Last Modified: 02 Apr 2024 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44739

Actions (login required)

View Item View Item