KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMANDAN SATUAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANGGOTA (Studi Kasus Anggota Resimen Mahasiswa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

HERWANTO, 12306193127 (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMANDAN SATUAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANGGOTA (Studi Kasus Anggota Resimen Mahasiswa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Komunikasi Interpersonal Komandan Satuan Terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anggota (Studi Kasus Anggota Resimen Mahasiswa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)” ditulis oleh Herwanto, NIM. 12306193127, dengan pembimbing Dzinun Hadi, S.Sos.I., M.Pd. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pembentukan Karakter, Karakter Tanggung Jawab, Resimen Mahasiswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya karakter tanggung jawab pada sebagian mahasiswa. Dibuktikan dengan fenomena sekelompok mahasiswa melakukan aksi ricuh di palopo sampai menewaskan seorang satpam. Hal ini menunjukkan masih minimnya karakter tanggung jawab pada sebagian mahasiswa yang mengakibatkan kerusakan pada beberapa fasilitas, hingga menghilangkan nyawa seorang satpam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk komunikasi interpersonal komandan satuan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anggota Resimen Mahasiswa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Mengetahui bentuk karakter tanggung jawab anggota Resimen Mahasiswa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Mengetahui dampak komunikasi interpersonal komandan satuan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anggota Resimen Mahasiswa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi Sumber, dan Triangulasi Teknik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan : Bentuk komunikasi interpersonal komandan bersifat komunikasi diadik dalam bentuk dialog. Bentuk karakter tanggung jawab anggota Resimen Mahasisa Satuan 869 Surya Cakti Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung diantaranya sadar akan tanggung jawab dan tupoksi masing-masing di Resimen Mahasiswa, berperilaku jujur dalam melaporkan hasil laporan atau administrasi di Resimen Mahasiswa, Menjalani tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati, Mampu memahami perasaan anggota lain, berani menerima sanksi atas kesalahan yang telah dilakukan, Mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sesama anggota yang tidak hadir dalam kegiatan atau bersikap mandiri. Dampak komunikasi interpersonal komandan satuan terhadap pembentukan karakter tanggung jawab anggota diantarannya : anggota yang sebelumnya pasif menjadi lebih aktif dalam kegiatan, Anggota jadi memiliki rasa tanggung jawab, Adanya peningkatan rasa tanggung jawab dalam diri anggota.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193127 HERWANTO
Date Deposited: 05 Apr 2024 08:10
Last Modified: 05 Apr 2024 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44795

Actions (login required)

View Item View Item