DIGITAL PAYMENT QRIS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI PADA PEMBAYARAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (Studi Multisitus di Badan Amil Zakat Nasional dan Lembaga Amil Zakat Masjid Agung Kota Kediri)

NOVI TRI OKTAVIA, 1880508220033 (2024) DIGITAL PAYMENT QRIS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI PADA PEMBAYARAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (Studi Multisitus di Badan Amil Zakat Nasional dan Lembaga Amil Zakat Masjid Agung Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Tesis dengan judul “DIGITAL PAYMENT QRIS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI PADA PEMBAYARAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (Studi Multisitus di Badan Amil Zakat Nasional dan Lembaga Amil Zakat Masjid Agung Kota Kediri)” ini ditulis oleh Novi Tri Oktavia, NIM. 1880508220033, Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. dan Prof. Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi pengembangan zakat, infak, dan sedekah di Indonesia. Perkembangan zakat, infak, dan sedekah yang ada ternyata masih sedikit dibandingkan dengan potensi Indonesia sebagai negara mayoritas beragama Islam. Kesadaran umat Islam dalam membayar ZIS dinilai masih belum maksimal. Dengan hadirnya teknologi keuangan QRIS sudah seharusnya OPZ di tingkat provinsi dan kota/kabupaten memanfaatkannya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada muzakki untuk membayarkan zakat, infak, dan sedekah. Selain itu, teknologi keuangan QRIS juga mampu memberikan kemudahan kepada OPZ dalam memanajemen dana zakat, infak, dan sedekah. Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana kemudahan, kemanfaatan, dan kenyamanan penggunaan QRIS dalam meningkatkan jumlah muzakki pada pembayaran ZIS di dan Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi NVivo12 dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan temuan diukur dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) BAZNAS dan LAZ Masjid Agung Kota Kediri, serta muzakki merasakan kemudahan pembayaran ZIS menggunakan digital payment QRIS. (2) BAZNAS dan LAZ Masjid Agung Kota Kediri merasakan manfaat pengimplementasian digital payment QRIS dalam melakukan manajemen QRIS. Muzakki merasakan adanya manfaat pembayaran ZIS menggunakan digital payment ZIS yang lebih transparansi dan akuntabel. Terdapat peningkatan jumlah pembayaran ZIS menggunakan digital payment di LAZ Masjid Agung Kota Kediri, namun tidak terdapat peningkatan peningkatan di BAZNAS Kota Kediri. (3) BAZNAS dan LAZ Masjid Agung Kota Kediri, serta muzakki merasakan kenyamanan pembayaran ZIS menggunakan QRIS yang lebih aksesisbel dan fleksibel. Muzakki membayarkan ZIS di LAZ Masjid Agung Kota Kediri melalui digital payment QRIS dengan menggunakan berbagai macam mobile banking dan electronic wallet, sementara pembayaran ZIS di BAZNAS Kota Kediri melalui QRIS cenderung menggunakan mobile banking.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Gaya Hidup
Fiqih > Ibadah Sunnah
Fiqih > Ibadah Wajib
Fiqih > Infaq
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Kualitas Produk
Fiqih > Shodaqoh
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Fiqih > Zakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1880508220033 NOVI TRI OKTAVIA
Date Deposited: 17 Apr 2024 03:37
Last Modified: 17 Apr 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44834

Actions (login required)

View Item View Item