IIS LAELIA, 12311193004 (2024) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS JASA LAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN TULUNGAGUNG.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ibadah haji, salah satu rukun islam ke lima yang merupakan ritual terpenting dalam agama islam, dan memiliki efek positif baik secara spiritual ataupun sosial bagi para umat islam di seluruh penjuru dunia. Akan tetapi, provokasi dalam penyelenggaraan ibadah haji ini tidak dapat terabaikan begitu saja, terlebih yang bersangkut paut dengan kualitas jasa layanan yang didapat oleh para jama’ah ibadah haji. Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasikan dan merumuskan bagaimana strategi peningkatan kualitas jasa layanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kaupaten Tulungagung sebagai upaya peningkatan pengalaman bagi para jama’ah ibadah haji serta efisiensi operasional penyelenggara ibadah haji tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi atau penelitian langsung yang dilakukan guna mengamati kualitas jasa layanan yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung khususnya dalam bidang Ibadah Haji dan Umrah.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya integrasi strategi tersebut dalam bentuk kerangka kerja terkoordinir yang dapat memberikan dampak baik dalam upaya peningkatan kualitas jasa layanan ibadah haji. Strategi ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan , meningkatkan efisiensi layanan, meningkatkan keamanan, dan juga memastikan pengalaman ibadah haji yang lebih baik serta bermakna bagi para jama’ah.Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pemahaman tentang bagaimana strategi peningkatan kualitas jasa layanan dapat diimplementasikan dalam konteks ibadah haji, yang pada gilirannya dapat membantu penyelenggara ibadah haji dan pemerintah lebih efektif dalam menyediakan layanan yang berkualitas bagi para jama’ah. Kata kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan,Ibadah Haji.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fiqih > Haji Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | 12311193004 IIS LAELIA |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 05:39 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 05:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44905 |
Actions (login required)
View Item |