PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSALAM PIKATAN II

DITAMA HENDRY FINATA, 2817123044 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSALAM PIKATAN II. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas V di MI Darusalam Pikatan II” ini ditulis oleh Ditama Hendry Finata, NIM.2817123044, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, IPA Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Sains yang selama ini diajarkan di MI Darusalam Pikatan II masih monoton menggunakan metode ceramah dan akibatnya siswa merasa bosan sehingga kegiatan belajar yang selama ini berlangsung menjadi tidak efektif. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air peserta didik kelas V di MI Darusalam Pikatan II? (2) Apakah terjadi peningkatan prestasi belajar setelah diterapkan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air peserta didik kelas V MI Darusalam Pikatan II. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Daur Air siswa kelas V di MI Darusalam Pikatan II Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air peseta didik kelas V di MI Darusalam Pikatan II Tahun Ajaran 2015/2016. Skipsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola fikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi MI Darusalam Pikatan II dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darusalam Pikatan II. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 70% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan presatsi belajar siswa kelas V MI Darusalam Pikatan II dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus mencapai nilai  70 sebanyak 7 siswa (29,2%) yang tuntas dan  70 sebanyak 17 siswa belum tuntas (70,8%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 59,1. Pada post test siklus I nilai rata-rata kelas 67,5. Siswa yang mendapat nilai  70 sebanyak 16 siswa (66,6%) tuntas dan  70 sebanyak 8 siswa belum tuntas (33,4%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 67,5, siswa yang mendapat nilai  70 sebanyak 21 siswa (87,5%) tuntas dan  70 sebanyak 3 siswa (12,5%) belum tungas. Berdasarkan ketuntasan klasikal (presentase ketuntasan kelas) pada siklus II sebesar 87,5%. Berarti pada siklus II ini sudah memenuhi kriteria ketuntasan kelas yang sudah ditentukan yaitu  70.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123044 DITAMA HENDRY FINATA
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:48
Last Modified: 04 Jan 2017 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item