PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

SHOFIQOTUN MAULA, 12212193054 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit” ini ditulis oleh Shofiqotun Maula, NIM. 12212193054, pembimbing ifah silfianah, M. Pd. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Etnosains, Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Pada era globalisasi ini pembelajaran di Indonesia kurang mengaitkan dan mengkombinasikan pembelajaran dengan adat dan kebudayaan masyarakat. Pada kurikulum K13 telah menekankan pada pembelajaran saintifik, namun kebanyakan kegiatan pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan metode konvensional, dan berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa memiliki minat dan motivasi belajar yang cukup rendah. Selain itu bahan ajar yang tersedia di sekolah dirasa masih kurang memadai untuk meningkatkan serta memotivasi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran khususnya pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Untuk itu, peneliti ingin melaksanakan pengembangan bahan ajar yang sejalan dengan permasalahan terebut, yakni dengan mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing bermuatan etnosains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul pembelajaran kimia berbasis inkuiri terbimbing bermuatan etnosains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. 2) mendeskripsikan kelayakan produk e modul. 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan e-modul. Jenis penelitian digunakan pada penelitian ini adalah R & D model 4D milik thiagarajan yang dimodifikasi menjadi model 3D yang mencakup tahap define, design, dan develop. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data wawancara dan angket. Wawancara digunakan untuk studi pendahuluan. Angket digunakan untuk mengetahui validasi dari ahli yang digunakan sebagai bahan acuan perbaikan e-modul. Angket digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai keterbacaan dan respon siswa mengenai e-modul. Teknik analisis data angket yang diperoleh menggunakan anaisis deskriptif kualitatif. Uji coba dilakukan dalam skala kecil yang diuji cobakan pada siswa kelas X MIPA MA Al-muslihun Tunggangri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) produk ini dikembangkan dengan menggunakan metode 4D yang dibatasi sampai 3D yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan) karena keterbatasan waktu dan tenaga. 2) kelayakan pada modul elektronik (e-modul) pengembangan e-modul berbasis inkuiri terbimbing bermuatan etnosains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menurut validator sebagai ahli materi dan media mendapatkan kriteria sangat valid. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya rata-rata persentase sebesar 87%. 3) hasil respon peserta didik pada modul elektronik (e-modul) yang didapatkan saat uji coba terbatas termasuk dalam kriteria baik dengan rata- rata persentase sebesar 74.1% .

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193054 SHOFIQOTUN MAULA
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:36
Last Modified: 18 Apr 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44947

Actions (login required)

View Item View Item