PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur)

ELMA LUTVIANA, 12403193190 (2024) PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini judul “Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Tahun 2021-2022 (Studi pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur),” yang ditulis oleh Elma Lutviana, NIM: 12403193190. Program Studi Akuntansi Syariah, Jurusan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A Salah satu sumber keuangan daerah yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah adalah pendapatan asli daerah yang bersumber dari faktor yaitu pajak daerah dan retribusi daerah. Semakin tinggi pajak daerah maka semakin tinggi pendapatan asli daerah. Semakin tinggi retribusi daerah maka semakin tinggi pendapatan asli daerah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh terhadap PAD pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021-2022? 2)Apakah pajak daerah berpengaruh terhadap PAD pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021-2022? 3)Apakah retribusi daerah berpengaruh terhadap PAD pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021-2022? Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan data melalui Sampel yang digunakan pada penelitian adalah pada 38 Kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur sebanyak 2 tahun angkatan 2021 dan 2022, analisis penelitian dilaksanakan dengan regresi data panel. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap pendapatan asli daerah kabupaten dan kota di provinsi Jawa Timur. Hasil pengujian tersebut dapat diketahui, jika variabel X berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Sehingga dari perbandingan pada uji signifikansi dapat dinyatakan hipotesa diterima. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak daerah berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Penghitungan tersebut dapat diketahui variabel X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y, maka dapat dikatakan pada hipotesa atau variabel pajak daerah berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa retribusi daerah berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Hasil penghitungan tersebut dapat diketahui variabel X2 berpengaruh positif dan sisgnifikan terhadap variabel Y, maka dapat dikatakan pada hipotesa yang kedua atau variabel X2 yaitu retribusi daerah berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. . Kata Kunci: Pajak daerah, Retribusi Daerah, Pajak Asli Daerah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193190 ELMA LUTVIANA
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:33
Last Modified: 22 Apr 2024 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44968

Actions (login required)

View Item View Item