OKTO YUDITHA NANDA.P, 2811123185 (2017) KREATIFITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
SAMPUL.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (300kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Pembelajaran di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung Tahun 2015-2016” ini ditulis oleh Okto Yuditha Nanda. P, NIM.2811123185, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Isalm Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Drs. H.Ali Rohmad M,ag.NIP : 196111101990011001, NIDN :2010116102. Kata kunci : kreatifitas Guru Fiqih dalam Meningkatkan Pembelajaran. Fokus penelitian :1. Bagaimana Kreativitas guru Fiqih dalam meningkatkan pembelajarn di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung ? 2. Mengapa Kreativitas Guru Fiqih tersebut diterap di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung ? 3. Apasaja hambatan-hambatan Kretivitas Guru Fiqih di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung ? Pendekatan : kualitatif. Jenis penelitian: field research, penelitian deskriptif, studi kasus. Lokasi penelitian : Madrasah Tsanawiyah Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Instrumen : peneliti. Kehadiran peneliti : dari tanggal 20 April sampai 21 April. Sampling : purposive sampling, dan snow ball sampling. Sumber data : informan, peeristiwa/aktifitas, dokumen/ arsit, lingkungan fisik dan sosial madrasah. Metode pengumpulan data : observasi-partisipasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan hasil penelitian lapangan : ringkasan data. Prosedur analisis data : data reduction, dan display, conclusion drewing (verivikation) dengan mengunakan analisis data dualitatif dan interaktif model metode analisi data : deduktif dan komparasi diterapkan dalam bab I, bab II, bab III; induksi diterapkan dalam bab IV dan bab . pengecekan keabsahan data : 1. Credibility (derajat kepercayaan) melalui a. Perpenjangan keikutsertaan, b. Ketekunan/keajekan pengamatan, c. Triagulasi (antar sumber data, anttar model penelitian, antar waktu, pengecekan sejawat, teori/kebijakan); 2. Dependabilitas (ketergantungan) : dosen pembimbing selaku auditor, 3. Confirmability (objektifitas) : desain penelitian dianggap baik dan benar, fokus penelitian diangap tepat, sajian literature dianggap relevan, kinerja instrumen dan cara pendekatan dianggap akurat, teknik pengumpulan data dianggap sesuai dengan fokus penelitian, analisis data yang diterapkan dianggap benar, hasil penelitian dianggap bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan; 4. Transferabilitas (keabsahan external) : hasil penelitian ini dianggap dapat diaplikasikan di lokasi penelitian yang lain. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Kreatifitas guru Fiqih dalam meningkatkan pemblajaran yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung, memiliki beberapa kecenderungan : a. Guru menerapkan empat tahap pekerjaan secara profesional, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, tindak lanjut : b. Guru menerapkan student oriented approach dengan semakin mantap terhadap groub and individual learning, sambil memastikan diri memperlemah penerapan teacher oriented approach; c. Guru menerapkan inquiry/ discivery learning dengan semakin matap, sambil memastikan diri memper lemah penerapan exposition/expository learning 2. Bebrapa kecenderungan kreatifitas pembelajaran termaktub dalam kesimpulan pertama tersebut di terapkan di Madrasah Tsanawiyah Imam A-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung, dengan berdasarkan alasan a. Karena dianggap sejalan dengan dinamika kondisi lingkungan madrasah dan kondisi para siswa di kelas ;b. Karena di madrasah tersebut telah menerapkan kurikulum yang menuntut guru mengaplikasikan saintifik dalam mengelola pembelajaran ;c. Karena harapan para pihak agar peserta didik mampu mengembangkankompetensi yang multidimensi secar serasi bagidan berimbang antara sikap spiritual dan sosial; 3 bebrapa hambatan kreatifitas guru Fiqih dalam Meningkatkan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung, sebagai brikut : a. Kurangnya media dan alat untuk mendongkrak pembelajaran;
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123185 OKTO YUDITHA NANDA.P |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 06:40 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4499 |
Actions (login required)
View Item |