NURUL AZIZAH CHANIFAH, 17204163111 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII-A DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN DI SMP NEGERI 3 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Chanifah, Nurul Azizah. 2023. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan di SMP Negeri 3 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Perbandingan Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki ciri dan karakteristik tertentu berupa objeknya bersifat abstrak yang membutuhkan keaktifan siswa dan kemampuan dasar yang penting untuk dikuasai dalam pembelajaran matematika. Dalam matematika terdapat kemampuan dasar yang harus diperhatikan salah satunya kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis adalah suatu kemampuan siswa dalam mengetahui, memahami, serta mampu menghubungkan pokok bahasan yang berbeda pada matematika, mampu menggunakan serta menerapkan matematika dengan disiplin ilmu lain serta mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil studi pendahuluan, menyatakan bahwa tingkat kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tentunya berbeda. Perbedaan dalam proses berpikir tersebut yang melatarbelakangi adanya perbedaan tingkat kemampuan matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal perbandingan dengan siswa berkemampuan tinggi, (2) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal perbandingan dengan siswa berkemampuan sedang, (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal perbandingan dengan siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada 6 siswa dengan kemampuan matematika yang berbeda dari 27 siswa kelas di VII-A, yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes tulis, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan indikator dari NCTM. Hasil penelitian ini, menunjukkan: (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang berkemampuan tinggi telah memenuhi semua indikator koneksi matematis, (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang berkemampuan sedang hanya memenuhi dua indikator koneksi matematis, (3) kemampuan koneksi matematis siswa yang berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator koneksi matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Perbandingan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | SPd 17204163111 Nurul Azizah Chanifah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 06:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44995 |
Actions (login required)
View Item |