PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS STEM PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 2 TULUNGAGUNG

NOVITA WAKHIDATUR RIZQI, 12851221016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS STEM PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Pada Materi Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTsN 2 Tulungagung” ditulis oleh Novita Wakhidatur Rizqi, NIM 12851221016 dengan pembimbing 1 Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. dan pembimbing 2 Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Aplikasi Android, STEM Perkembangan teknologi, perkembangan media pembelajaran semakin pesat. Proses pembelajaran seringkali dihadapkan pada materi yang dapat dikatakan abstrak atau diluar pengalaman peserta didik sehari-hari, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang mampu memberikan visualisasi dan disertai pendekatan yang tepat. Untuk itu peneliti berinovasi untuk membuat media pembelajaran aplikasi android berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang bisa menunjang materi persamaan garis lurus. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran aplikasi android berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi persamaan garis lurus. (2) Untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran aplikasi android berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ADDIE menurut Robert Maribe Branch yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analyze (Analisis), Design (Pengembangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, angket respon guru, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk data hasil wawancara dan observasi. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk data hasil angket, data hasil observasi, dan soal tes. Produk dari penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE berupa aplikasi dengan kapasitas 8,61 Mb yang dapat diinstall pada OS android. Validasi oleh ahli materi aplikasi android memperoleh persentase 84,21% dengan keputusan valid, sedangkan validasi ahli media aplikasi android memperoleh persentase 86,25% dengan keputusan sangat valid, dan uji coba skala kecil memperoleh persentase 81,33% dengan keputusan valid. Keterlaksanaan observasi guru memperoleh persentase 100% serta angket kepraktisan diperoleh dari respon guru memperoleh persentase 88,5% dengan keputusan sangat praktis. Keterlaksanaan observasi siswa terlaksana dengan baik dan efisien dengan persentase keterlaksanaan 100% dengan keputusan sangat efektif. Berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan media aplikasi android berbasis STEM pada pembelajaran materi persamaan garis lurus diperoleh persentase 88,09% dengan keputusan sangat efektif. Hasil rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan media aplikasi android berbasis STEM pada materi persamaan garis lurus pada uji coba skala besar dengan 89 siswa adalah 79,69 dan naik menjadi 86,11 sehingga terjadi kenaikan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,43. Artinya Sehingga media aplikasi android berbasis STEM efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221016 NOVITA WAKHIDATUR RIZQI
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:14
Last Modified: 23 Apr 2024 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45162

Actions (login required)

View Item View Item