IMPLEMENTASI TEORI BRUNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA UNTUKMENENTUKAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG DI KELAS V SDN TANGGUNG IV

aris wibowo, 3214113052 (2017) IMPLEMENTASI TEORI BRUNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA UNTUKMENENTUKAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG DI KELAS V SDN TANGGUNG IV. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aris Wibowo, 3214113052, 2015. “Implementasi Teori Bruner Dalam Meningkatkan HasilBelajar Siswa Untuk Menentukan Luas Permukaan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Tanggung IV”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Implementasi, Teori Bruner, Hasil Belajar, Luas Permukaan Bangun Ruang Penelitian Ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang masih kurang memahami konsep menentukan luas permukaan bangun ruang khususnya pada bangun ruang balok, kubus, dan prisma tegak segitiga. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa peneliti menerapkan teori belajar dari Jerome S Bruner (Teori Bruner) dengan menerapkan tiga tahap pembelajaran yaitu enaktif (konkret), ikonik (semi konkret), sibolik (abstrak). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN IV Tanggung Campurdarat Tulungagung. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Menjelaskan Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Menentukan Luas Permukaan Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN IV Tanggung. (2) Menjelaskan Bagaimana Peningkatan Pemahaman Menentukan Luas Permukaan Bangun Ruang Siswa Kelas V SDN IV Tanggung Dengan Penerapan Teori Bruner. Dalampenelitianini pengumpulandatadilakukandenganmetodetes, observasi,dan catatanlapangan.Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Observasi dan catatan lapangan digunakan untuk mengamati aktivitas dan respon siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Untuk meningkatkanpemahamansiswa tentangmenentukan luas permukaan bangun ruangdisusunduasiklusrencana pembelajaran. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa dalam menentukan luas permukaan bangun ruang (balok, kubus, dan prisma tegak segitiga) setelah penerapan Teori Bruner adalah baik.Pada pre test, nilai rata-rata kelas 46,60.Dari 44 siswa, sebanyak 5 siswa atau 11,37% yang mencapai ketuntasan belajar yaitu nilai KKM 70.Pada siklus I ditunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 56,90. Prosentasi jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar 40,90% atau 18 siswa. Pada siklus II rata siswa meningkat menjadi 85.23 jika dibandingkan dengan hasil post test siklus I. Prosentasi jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 100% yaitu seluruh siswa telah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113052 ARIS WIBOWO
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:14
Last Modified: 05 Jan 2017 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4519

Actions (login required)

View Item View Item