MUHIMMATUL ULYA, 2811123017 (2017) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK MODERN DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (468kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Muhimmatul Ulya, NIM. 2811123017, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Implementasi Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung”, Dosen pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag NIP. 19690331 199403 1 002. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang sangat penting dalam membentuk karakter santri. Salah satunya adalah pendidikan yang di dalamnya terdapat penanaman nilai kedisiplinan. Penanaman nilai kedisiplinan merupakan salah satu upaya yang dapat mencegah perilaku negatif pada santri. Santri nantinya dapat diarahkan, dilatih, dan dididik seperti apa yang diharapkan. Implementasi reward dan punishment suatu alat pendidikan yang dapat menciptakan santri lebih mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh Pondok tersebut. Dengan adanya peraturan itu akan berdampak positif bagi para santri, serta mengahasilkan output dari suatu pendidikan yang baik dan berkualitas. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui proses implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui dampak positif dan dampak negatif implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung (3) Untuk mengetahui hasil implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Modern Darul Hikmah, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan sehari-hari santri dan menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi metode dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian: (1) Proses implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan di Pondok yaitu dengan peraturan yang ada di Pondok itu diberikan kepada santri dari mulai masuk, mereka diperkenalkan dengan yang namanya peraturan-peraturan yang harus ditaati dan dijalani setiap harinya oleh santri di Pondok. Asatidz memberikan penanaman kepada santri agar santri dapat bertanggung jawab dengan peraturan di Pondok. (2) Dampak positif dan negatif dari implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok yaitu, dampak positif ataupun dampak negatif dari pemberian reward itu sesuai dengan karakter siswa. Mereka yang mendapat reward menjadi termotivasi dan lebih giat untuk menjalankan disiplin. Akan tetapi jarang sekali ditemui mereka yang mendapat reward akhirnya menjadi besar kepala atau merasa sombong. Tergantung dari karakter santri masing-masing. Adanya dampak positif dan negatif dari pemberian punishment kepada santri. Untuk yang dampak positif, mereka lebih dapat meningkatkan kedisiplinan terkait keamanan di Pondok. Namun dengan adanya punishment tersebut, ada beberapa anak yang merasa terasingkan. (3) Hasil dari implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok yaitu bahwa tata tertib yang telah dibuat merupakan rancangan untuk membentuk disiplin diri. Semua itu dapat dilihat dari kegiatan sehari-hari di Pondok. Para santri berusaha untuk mengikuti kegiatan dengan tepat waktu. Dengan adanya penerapan reward dan punishment tersebut, maka santri dapat mengontrol perilakunya dan tidak merasa terbebani karena telah menjadi kebiasaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123017 MUHIMMATUL ULYA |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 02:22 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 02:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4524 |
Actions (login required)
View Item |