MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagugng dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung)

MUHAMAD ARIS RIZAL, 12850121053 (2023) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagugng dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “ Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah (Studi Multikasus di MA Darul Hikmah Kedungwaru Tulungagugng dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung). Pascasarjana Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), UIN SATU Tulungagung, di tulis oleh Muhamad Aris Rizal, Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, 2. Prof Dr. Prim Masrokan, M.Pd Kata Kunci : Manajemen Strategik, Kepala Madrasah, Kinerja Guru Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui fungsi manajemen yang meliputi : formulasi , implementasi, evaluasi strategik yang digunakan mempersiapkan pendidik dalam usaha tantangan zaman era saat ini serta mampu bersaing dalam hasil yang baik. Karena dengan peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala madrasah di lembaganya merupakan sumber kekuatan dalma profesi yang diembannya. Sebagaia kepala madrasah juga harus mampu menggerakkan komponen yang ada di lembaganya guna meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksinya, bagi guru akan sangat amat membutuhkan adanya dorongan semangat dan motivasi dari seorang pimpinan. Sebab hal tersebut merupakan modal yang penting sehingga hampir setiap kebijakan dan tindakan yang dilakukan oleh pimpinan mempunyai dampak positif dan negatif bagi bawahan/guru. Fokus dalam penelitian tesis ini sebagai berikut : 1) formulasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung?; 2) implementasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung?; 3) evaluasi strategik madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung? Berdasarkan pertanyaan penelitian tersebut, maka dari tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendiskripsikan bagaimana formulasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung? 2) untuk mendiskripsikan bagaimana implemenetasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung?; 3) untuk mendiskripsikan bagaimana evaluasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengammrancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs dengan mengunakan tiga alur yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data keabsahan data dengan mengunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil pembahasan dari penelitian ini bahwa: formulasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung adalah : 1) menyusun RKM, 2) merumuskan visi dan misi dan tujuan; 3) mementukan kurikulum madrasah; 4) mengadakan berbagai progam kegiatan dalam upaya peningkatan kinerja guru; 5) meningkatkan kemauan dan kompetensi kinerja; 6) menumbuhkan sifat kerjasama dan keharmonisan: 7) membangun rsa terbuka; 8) membiasakan budaya malu; 9) kreatif; 10) melalu progam pengembangan keprofesinalan kepala madrasah; 11) beracuan pada kurikulum; 12) penetapan sistem kebijakan; 13) pennetapan kegaiatan pendukung; 14) menganggap bawahan sebagai tim/partner; 15) disiplin; 16) profesinalitas; 17) membangkitan semangt kerja. Implementasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung adalah : 1) pembinaan terhadap guru; 2) melaksanakan kerjasama yang baik; 3) upaya memberikan semangat kepada guru dalam pengembangan kurikulum; 4) menuju keprofesionalan guru; 5) MGMP; 6) meingkatkan profesi melalu workshop; 7) memberikan dorongan melanjutkan studi pada guru; 8) memperhatikan kesejateraan guru; 9) pengaturan suasana kerja yang baik. Evaluasi strategik dalam meningkatkan kinerja guru di MA Darul Hikmah Kedungwaru dan MA Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagung adalah : 1) laporan rekap hasil evaluasi; 2) penggunaan sistem penilaian dan ketuntasan belajar (KKM) melalui komuterisasi dapat mempermudahkan guru dan siswa agar bisa mengetahui kedetailan hasil siswa yang diperoleh; 3) pemberian reward bagi guru; 4) pembagian tugas tambahan jabatan sebagai wakil kepalam madrasah bagi guru yang mempunyai tingkat penilaian dan tinggi; 5) identifikasi evaluasi untuk merevisi permasalahan yang timbul; 6) network/internet merupakan sumber informasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121053 MUHAMAD ARIS RIZAL
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:47
Last Modified: 29 Apr 2024 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45269

Actions (login required)

View Item View Item