POLA ASUH ANAK OLEH IBU PEKERJA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)

YUNIA FADHILA ISLAMI DINA, 12102173138 (2023) POLA ASUH ANAK OLEH IBU PEKERJA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yunia Fadhila Islami Dina NIM. 12102173138. “Pola Asuh Anak Oleh Ibu Pekerja terhadap Keharmonisan Rumah Tangga dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)”. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Syariah UIN SATU Tulungagung. Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.HI. Kata kunci: Pola Asuh, Ibu Pekerja, Keharmonisan Rumah Tangga, Perspektif Hukum Islam Pengasuhan ibu bekerja yang memiliki tuntutan jam kerja tidak sepenuhnya dapat mengontrol dan memperhatikan anak, akibatnya komunikasi antara ibu dan anak sedikit berkurang. Sehingga, anak akan melakukan apa saja yang dia mau dan itu akan mengarah pada terbentuknya kenakalan serta perilaku anak. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola asuh anak oleh ibu pekerja di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?. 2) Bagaimana pengaruh pola asuh anak oleh ibu pekerja terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?. 3) Bagaimana perspektif hukum Islam mengenai pola asuh anak oleh ibu pekerja terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?. Penelitian menggunakan model penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (Case Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi, sedangkan analisis data melalui kondensasi data (Data Condensation), penyajian data (data display), dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pola Asuh Anak oleh Ibu Pekerja di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri adalah demokratis, otoriter, dan permisif. Teknik dalam penerapan pola asuh anak oleh ibu pekerja adalah dengan metode nasehat, perhatian, dan hukuman. 2) Pengaruh dan dampak ibu bekerja terhadap pola asuh anak Desa Susuhbango adalah interaksi dan komunikasi anak. Dampaknya, anak mengalami keterlambatan berbicara dan sulit berkomunikasi. 3) Pola asuh anak oleh ibu pekerja terhadap keharmonisan rumah tangga di Desa Susuhbango Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri sesuai dengan perspektif hukum Islam dan konsep hadhanah namun belum berjalan dengan maksimal. Karena pola asuh anak oleh ibu pekerja masih menjangkau aspek pemenuhan psikologis dan kebutuhan fisik anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102173138 YUNIA FADHILA ISLAMI DINA
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:18
Last Modified: 26 Apr 2024 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45275

Actions (login required)

View Item View Item