PENGELOLAAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI ROUDLOTUN NASYI’IN PUCUNGSARI SLOROK GARUM BLITAR

ALIN FATMAWATI, 2811123050 (2017) PENGELOLAAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI ROUDLOTUN NASYI’IN PUCUNGSARI SLOROK GARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REVISI.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Alin Fatmawati, 2811123050, 2016, Pengelolaan Guru Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlakdi Sekolah MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Abdul Manab. M.Ag . Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Tugas Guru Kelas Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi adanya prestasi atau rangking yang diraih dalam Ujian Nasional se-Kecamatan Garum pada tahun 2015/2016 oleh sekolahan MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum. Tujuan dari program kurikulum dapat tercapai dengan baik jika programnya didesain secara jelas dan aplikatif.. Terkait perencanaan dan pelaksanaan sekaligus menentukan strategi dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran guru harus efektif dalam memilih metode yang akan digunakan Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Apa beban tugas guru kelas dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum? 2). Bagaimana manajemen pembelajaran dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum? 3). Bagaimana implementasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Untuk memahami beban tugas guru kelas dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum, 2). Untuk memahami manajemen pembelajaran dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MI MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum, 3). Untuk memahami implementasi pembelajaran dalam menigkatkan kualitas pembelajaran di MI Roudlotun Nasyi’in Pucungsari Slorok Garum. Dalam penelitian ini berdasarkan segi sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan case quintance dialectic (satu kasus). Analisis data dimulai dari laporan tertulis pada masing-masing peristiwa dalam waktu berlangsung di tiap-tiap lapangan penelitian. Laporan dibuat sesuai dengan tema-judul dan waktu, dan dihubungkan atau dipertimbangkan terhadap fungsi dan makna tiap-tiap kasus (laporan) dan dikembangkan sesuai dengan temanya. Hasil penelitian, 1) tugas guru kelas: Menyiapkan Administrasi Akademis, Memonitoring Pembelajaran, Pemetaan data kelas, Persiapan kegiatan pembelajaran, Mengadakan binaan kepada siswa yang mempunyai SDM Rendah, dan Guru sebagai Motivator. 2) Manajemen Guru Kelas: a.) Perencanaan b.) Persiapan perangkat pembelajaran c.) Pelaksanaan pembelajaran 3.) Sistem evaluasi. Teknik yang digunakan penilaian formatif dan sumatif. 3) Implementasi pembelajaran dari perencanaan pembelajran, metode pembelajaran dan penerapan pembelajaran terlaksana sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123050 ALIN FATMAWATI
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:13
Last Modified: 30 Jan 2017 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item