PENGARUH STRATEGI HEURISTIK POLYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP PLUS AL FALAH KARANGSARI

WIJI FEBRIANINGSIH, 12204173039 (2021) PENGARUH STRATEGI HEURISTIK POLYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP PLUS AL FALAH KARANGSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (987kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Heuristik Polya dengan Pendekatan saintifik terhadap Hasil belajar dan Kemandirian Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Plus Al Falah Karangsari” ini ditulis oleh Wiji Febrianingsih, NIM12204173039, dengan Dosen Pembimbing Dr. Syaiful Hadi,M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh, strategi heuristik polya, pendekatan saintifik, hasil belajar, kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar dan kemandirian belajar siswa pada pelajaran matematika di SMP Plus Al Falah Karangsari belum maksimal. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa ialah dengan melakukan pembelajaran yang menarik melalui strategi heuristik polya dengan pendekatan saintifik. Strategi heuristik polya dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengasah pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh strategi heuristik polya dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Plus Al Falah Karangsari, (2) untuk mengetahui pengaruh strategi heuristik polya dengan pendekatan saintifik terhadap kemandirian belajar siswa di kelas VIII SMP Plus Al Falah Karangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini mengarah pada One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Plus Al Falah Karangsari sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenuh sampling yang artinya semua populasi di kelas VIII juga dijadikan sampel penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan (paired sample t-test) dan uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh strategi heuristik polya dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Plus Al Falah Karangsari dengan nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,000 < nilai probabilitas 0,05; (2) Ada pengaruh strategi heuristik polya dengan pendekatan saintifik terhadap kemandirian belajar siswa di kelas VIII SMP Plus Al Falah Karangsari dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ nilai probabilitas 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173039 WIJI FEBRIANINGSIH
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:22
Last Modified: 25 Apr 2024 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45322

Actions (login required)

View Item View Item