NADIA EKA FAMILA, 12403173097 (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENERAPAN SAK ETAP BERBASIS KOMPUTERISASI. [ Skripsi ]
Text
Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Penerapan SAK ETAP Berbasis Komputer.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Abstract. This study aims to obtain empirical the effect of education level, understanding of accounting, and utilization of information technology on the application of Financial Accounting Standards for Entities without Public Accountability (FAS-EWPA/ SAK ETAP) based on computerization. The object in this study is cooperatives in Kedungwaru District, Tulungagung Regency, which totals 136 units. A questionnaire was selected either through a paper-based survey questionnaire or an online survey so that information is obtained in the form of primary data. The research method used is quantitative associative with multiple regression analysis using the SPSS 26 tool. The results of this study indicate that education level and utilization of information technology partially affect the application of computerized-based SAK ETAP, while accounting understanding partially does not affect the application of computerized-based SAK ETAP. Simultaneous testing shows that education level, accounting understanding, and utilization of information technology affect the application of computerized-based SAK ETAP. Keywords. Accounting Understanding; Computerized-based SAK ETAP; Education Level; Utilization of Information Technology. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) berbasis komputerisasi. Objek dalam penelitian ini adalah koperasi di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 136 unit. Kuesioner dipilih baik melalui paper-based survey questionnaire ataupun survei online sehingga diperoleh informasi berupa data primer. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pemanfaatan teknologi informasi secara parsial berpengaruh terhadap penerapan SAK ETAP berbasis komputerisasi, sedangkan pemahaman akuntansi secara parsial tidak berpengaruh terhadap penerapan SAK ETAP berbasis komputerisasi. Pengujian secara simultan menunjukkan tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap penerapan SAK ETAP berbasis komputerisasi. Kata kunci. Pemahaman Akuntansi; Pemanfaatan Teknologi Informasi; SAK ETAP Berbasis Komputerisasi; Tingkat Pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Jurnal > E-Journal |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah |
Depositing User: | 12403173097 NADIA EKA FAMILA |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 06:33 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45351 |
Actions (login required)
View Item |