PERAN JAM’IYYAH TA’MIRIL MADAARIS DALAM MENANGKAL TRANSMISI IDEOLOGI INTOLERAN PADA SISWA SEKOLAH DAN MADRASAH DI BLITAR

JAMALLUDIN, 17201163464 (2024) PERAN JAM’IYYAH TA’MIRIL MADAARIS DALAM MENANGKAL TRANSMISI IDEOLOGI INTOLERAN PADA SISWA SEKOLAH DAN MADRASAH DI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (604kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Jam’iyyah Ta’miril Madaaris dalam Menangkal Transmisi Ideologi Intoleran pada Siswa Sekolah dan Madrasah di Blitar” yang ditulis oleh Jamalludin, NIM. 17201163464 dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci : Jam’iyyah Ta’miril Madaaris, Madrasah, Ideologi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya penyebaran ideologi intoleran di kalangan remaja yang pernah terjadi, kemudian fenomena tersebut membentuk reaksi sosial dan berdirilah organisasi Jam’iyyah Ta’miril Madaaris. Rumusan Masalah penelitian ini adalah, 1) Bagaimana latar belakang berdirinya Jam’iyyah Ta’miril Madaaris di Blitar?, 2) Bagaimana proses Jam’iyyah Ta’miril Madaaris dalam menangkal transmisi ideologi intoleran pada siswa sekolah dan madrasah di Blitar?, 3) Bagaimana implikasi penerapan strategi Jam’iyyah Ta’miril Madaaris dalam menangkal transmisi ideologi intoleran pada siswa sekolah dan madrasah di Blitar?. Penelitian ini menggunakan metote kualitatif deskriptif, jenis penelitianya adalah studi kasus, dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif menyajikan data dalam bentuk narasi atau deskripsi, serta dilakukan dengan natural pengamatan dilapangan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Jam’iyyah Ta’miril Madaaris berdiri pada 23 Desember 2015, dan mendapat pengakuan dari Kemenag Blitar dan Dinas Pendidikan Blitar. Sejarah berdirinya Jam’iyyah Ta’miril Madaaris, perkumpulan pertama guna membahas terkait pembentukan suatu organisasi sebagai wadah yang menaungi ekstra ROHIS atau Takmir di SMA, SMK, dan MA di Blitar dimulai di SMKN 1 Blitar yaitu pada 2 Oktober 2014.. 2) Bentuk dari implementasi program tahunan Jam’iyyah Ta’miril Madaaris yakni MAKARBIT (Malam Keakraban dan Bina Takwa), sebuah program Jam’iyyah Ta’miril Madaaris yang bertujuan untuk diklat bagi calon pengurus baru, dimana didalamnya calon pengurus baru diberikan berbagai materi penguatan terkait Jam’iyyah Ta’miril Madaaris, keorganisasian, kepemimpinan, dan materi yang bersifat ideologis dan keagamaan.. 3) Implikasi dari adanya Jam’iyyah Ta’miril Madaaris melalui kegiatan yang dilaksanakan seperti lingkungan kepemudaan yang berkegiatan positif, pola berfikir yang moderat, serta memiliki jiwa kebangsaan. Selain itu, Jam’iyyah Ta’miril Madaaris menjadi wadah bersama untuk berbagai macam perkara yang sifatnya positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Ormas
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163464 JAMALLUDIN
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:18
Last Modified: 29 Apr 2024 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45453

Actions (login required)

View Item View Item