MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTRENHIDAYATULLOH PULE TRENGGALEK

IKA ZULVIYATUL MASVUVAH, 12207183103 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTRENHIDAYATULLOH PULE TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum dalam Membentuk Karakter Entrepreneurship Santri di Pondok Pesantren Hidayatulloh Pule Trengalek” ini ditulis oleh Ika Zulviyatul Masvuvah, NIM. 12207183103, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, karakter Santri Pondok Pesantren merupakan representasi dari Islam tradisional Indonesia2. Sebagaian pondok pesantren di Indonesia di cetak untuk menjadi ahli agama, akan tetapi tidak memberikan santri pandangan lapangan pekerjaan yang jelas ketika telah lulus dari pondok pesantren. Pondok Pesantren Hidayatulloh Pule Trenggalek adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki basis pendidikan entrepreneur secara aktif dengan berbagai unit usaha kewirausahan milik pesantren dan melakukan penanaman karakternya kepada santrinya. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum dalam membentuk karakter entrepreneurship Santri di pondok pesantren Hidayatulloh Pule Trenggalek ?(2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum dalam membentuk karakter entrepreneurship santri di pondok pesantren Hidayatulloh Pule Trenggalek ?(3) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum dalam membentuk karakter entrepreneurship santri di pondok pesantren Hidayatulloh Pule Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum di Pondok Pesantren Hidayatulloh Pule Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, (3) Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (4) Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan (credibilitas), keteralihan (Transferability, kebergantungan (dependability), dan kepastian ( confirmability ).Hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen kurikulum diawali dengan kegiatan perencanaan kurikulum yang dilaksanakan pada awal tahun dengan pelaksanaan rapat yang melibatkan pengasuh/Kiai, seluruh jajaran pengurus yayasan, kepala sekolah, dan para asatidz/ guru untuk menentukan program kerja selama satu tahun ke depan. Pondok Pesantren Hidayatulloh memiliki visi salah satunya untuk membentuk karakter santriprenaur karena melihat pada perkembangan zaman di mana santri harus mandiri. (2) pembentukan karakter santripreneur melalui lembaga SMK Hidayatulloh dengan 4 bidang keahlian, yaitu Tata Busana, TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor), Bisnis during dan pemasaran, dan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan dilaksanakan dengan berjenjang dari kelas satu kemudian lanjut kelas dua dan seterusnya. Sedangkan santri yang tidak sekolah formal akan mendapatkan pelatihan keterampilan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Trenggalek dan juga Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek. Pondok Pesantren Hidayatulloh juga menerapkan hidden curriculum melalui pembiasaan- pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk karakter-karakter yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur seperti kemandirian, disiplin, tanggung jawab dan bekerja sama. Umtuk memaksimalkan kurikulum santripreneur Pondok Pesantren Hidayatulloh Pule memiki beberapa unit usaha, diantaranya : Haya Collection, Haya mart, Air mineral Haya, (3) Pelaksanaan evaluasi kurikulum di Pondok Pesantren Hidayatulloh Pule Trenggalek dilaksanakan secara dadakan atau spontanitas, seperti rutinitas pengasuh dalam kesehariannya melakukan kunjungan ke setiap kelas dan memantau proses kegiatan belajar. Selain itu evaluasi juga dilaksanakan secara periodik atau terjadwal, yaitu dengan adanya supervisi guru dan evaluasi lembaga. Evaluasi unit usaha dilaksanakan oleh masing-masing guru bidang keahlian untuk perharinya. Untuk evaluasi kurikulum SMK dilaksanakan oleh pengawas lembaga dari Kementerian Pendidikan Wilayah Jawa Timur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183103 IKA ZULVIYATUL MASVUVAH
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:08
Last Modified: 30 Apr 2024 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45506

Actions (login required)

View Item View Item