PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI FAKIR MISKIN DALAM PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH KABUPATEN JOMBANG NOMOR 14 TAHUN 2016 DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Di Kabupaten Jombang)

AYU AULIA KUSUMA NING RUM, 12103183131 (2022) PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI FAKIR MISKIN DALAM PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH KABUPATEN JOMBANG NOMOR 14 TAHUN 2016 DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Di Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Ayu Aulia Kusuma Ning Rum, NIM 12103183131, Penyelenggaraan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Bagi Fakir Miskin Dalam Perspektif Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 Dan Fiqih Siyasah (Studi Kasus Di Kabupaten Jombang), Jurusan Hukum Tata Negara, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. H. M. Darin Arif Mu‟allifin, S.H.,M.Hum. KataKunci: pelayanan kesejahteraan sosial, fakir miskin, dan fiqih siyasah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya pemerintah dalam melakukan penanggulangan kemiskinan melalui berbagai usaha baik pemberian bantuan PKH, BLT dan pelatihan kerja yang dinilai kurang tepat sasaran di Kabupaten Jombang sehingga dalam upaya penyelenggaran pelayanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin belum memiliki peningkatan yang signifikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin di Kabupaten Jombang berdasarkan Perda Nomor 14 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial? 2) Bagaimana penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan sosial di Kabupaten Jombang berdasarkan Fikih Siyasah? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin di Kabupaten Jombang sesuai dengan Perda Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. 2) Untuk mengetahui penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin di Kabupaten Jombang berdasarkan perspektif Fikih Siyasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemerintah Kabupaten Jombang belum menyelenggarakan pelayanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin. Hal ini disebabkan karena tidak terpenuhinya 4 (empat) fungsi penyelenggaraan layanan kesejahteraan sosial, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 Tentang penyelenggaraan Kesejahteraan sosial. Keempat fungsi tersebut meliputi, fungsi pencegahan, rehabilitasi, pengembangan dan perlindungan. 2)Penyelenggaraan layanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin di Kabupaten Jombang belum sesuai dengan konsep fikih siyasah syar‟iyyah, hal ini dikarenakan Pemerintah Kabupaten Jombang tidak memenuhi kewajibannya untuk melaksanakan penyelenggaraan layanan kesejahteraan sosial bagi fakir miskin. Dalam fikih siyasah syar‟iyyah telah dijelaskan bahwa seorang pemimpin yang baik memiliki kewajiban untuk memenuhi hak rakyat tanpa membedakan status hidupnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183131 Ayu Aulia Kusuma Ning Rum
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:51
Last Modified: 30 Apr 2024 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45515

Actions (login required)

View Item View Item