EKA CHANDRA SETIAWAN, 12210173018 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DIGITAL BERSERI PADA MATERI CERITA FABEL KELAS VII DI MTS QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (371kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Chandra, Eka Setiawan. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Berseri pada Materi Cerita Fabel di Kelas VII Mts Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd. Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, poster digital berseri, cerita fabel Materi cerita fable menjadi salah satu pembelajaran yang ada di kelas, masalah yang sering ditemui adalah rasa bosan peserta didik dengan pembelajaran yang bersifat kekanak-kanakan. Ketika menjelaskan materi cerita fabel di MTs Qomarul Hidayah, peserta didik terlihat merasa bosan dan terlihat mengantuk dengan materi cerita fabel yang termuat pada buku pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut peneliti membuat poster digital berseri agar memacu minat peserta didik terhadap materi cerita fable. Media pembelajaran pada penelitian ini dikembangkan berdasarkan salah satu model pengembangan yaitu model pengembangan ADDIE yang dikembangakan oleh Robert Maribe Branch. Ada lima tahapan dalam model pengembangan ini yaitu 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evauasi. Poster digital berseri pada materi cerita fabel ini dikembangakan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui beberapa tahap sebagai berikut; 1) analisis kebutuhan peserta didik, 2) merancang desain media pembelajaran berdasarkan KD 3.16, 3) mengembangkan media pembelajaran sesuai analisis kebutuhan dan rancangan, dan 4) evaluasi kelayakan media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran ini berdasarkan hasil validasi dari validator media dan materi, hasil validasi mengahsilkan data numerik dan verbal. Data numerik diperoleh dari skor penilaian yang diberikan oleh validator. Sementara data verbal dapat diperoleh dari data tertulis pada kolom komentar yang diberikan oleh validator. Data verbal juga terdapat pada hasil analisis kebutuhan. Hasil evaluasi terhadap kelayakan media pembelajaran, diperoleh persentase sebesar 89% dari aspek materi dan 97% dari aspek media. Artinya, tingkat kelayakan media pembelajaran berada pada tingkat sangat layak untuk diimplementasikan kepada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173018 EKA CHANDRA SETIAWAN |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:11 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45525 |
Actions (login required)
View Item |