BULLYING DALAM QS. AL-HUMAZAH AYAT 1 PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH

AMALIA BINTII NUR HAYATI, 12301193060 (2023) BULLYING DALAM QS. AL-HUMAZAH AYAT 1 PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH. [ Skripsi ]

[img] Text
BULLYING DALAM QS. AL-HUMAZAH AYAT 1 PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR DAN AL-MISHBAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Seiring bertambahnya waktu, fenomena bullying menjadi marak dan beragam. Al-Qur’an tidak menyebutkan secara langsung kata ‘bullying’, akan tetapi banyak perilaku yang termasuk dalam kategori bullying. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penafsiran Surah Al-Humazah ayat 1 perspektif Tafsir Al-Azhar dan Al-Misbah, dan merelevansikan lafadz humazah dan lumazah dengan fenomena saat ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitik dan menggunakan pendekatan metode tafsir muqaran, antara tafsir Al-Azhar dan Al- Misbah. Hasil dari penelitian ini Tafsir Al-Azhar mendefinisikan pengumpat sebagai seseorang yang suka membusukkan orang lain dan bermulut manis ketika didepannya. Dan Al-Azhar mendefinisikan pencela sebagai seseorang yang tidak mau introspeksi diri. Sedangkan kitab tafsir Al-Misbah mendefinisikan pengumpat sebagai seseorang yang melakukan ghibah, dan pencela didefinisikan sebagai seseorang yang menjadikan orang lain sebagai bahan candaan. Dan relevansi lafadz humazah dan lumazah dengan fenomena saat ini adalah menggunjing teman dibelakang, senioritas dalam lingkungan kerja, berkomentar buruk saat bermain sosial media dan menjadikan orang lain sebagai objek tertawaan. Kata Kunci: Bullying, Al- Humazah, Buya Hamka, M. Quraish Shihab, Al-Azhar, Al- Misbah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Sastra
Agama > Tafsir Hadist
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 12301193060 AMALIA BINTII NUR HAYATI
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:37
Last Modified: 30 Apr 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45552

Actions (login required)

View Item View Item