PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SDN 2 PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MOHAMMAD KHOIRUL HUDA, 2817123106 (2017) PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SDN 2 PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik di SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Mohamad Khoirul Huda dibimbing oleh Musrikah,S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat memberikan dampak yang berbeda terhadap prestasi belajar siswa. siswa yang diasuh dengan pola asuh yang baik akan cenderung mempunyai prestasi belajar yang tinggi dan siswa yang diasuh dengan pola asuh yang salah cenderung mempunyai prestasi belajar yang lebih rendah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Matematika Peserta Didik SDN 2 Podorejo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik dengan pola asuh otoriter di SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? 2) Bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik dengan pola asuh demokratis di SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? 3) Bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik dengan pola asuh permisif di SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? 4) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada peserta didik yang mengalami kecenderungan pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif di SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu 1) variabel independen (bebas) pola asuh orang tua (X) dengan subvariabel pola asuh otoriter (X1), demokrasi (X2),pola asuh permisif (X3). 2) variabel dependen (terikat) prestasi belajar matematika (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analysis of varians (ANOVA) dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Sebelum data diuji dengan menggunakan analysis of varians terlebih dahulu data diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan dari analisis data didapatkan 1) Prestasi belajar siswa dengan pola asuh otoriter berada pada kriteria sedang dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 74,12. 2) Prestasi belajar siswa dengan pola asuh demokrasi berada pada kriteria tinggi dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 80,80. 3) Prestasi belajar pada pola asuh permisif berada pada kriteria sedang dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 68,83. 4) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengalami kecenderungan pola asuh otoriter, demokrasi, dan permisif. Dengan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (Fhitung > Ftabel) dan nilai sig xvi hitung (0,01) kurang dari dari nilai sig ditetapkan (0,05) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar dari ketiga tipe pola asuh tersebut. perbedaan prestasi belajar terlihat dari perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh. nilai rata rata tertinggi terdapat pada pola asuh demokrasi, urutan kedua pada pola asuh permisif, dan urutan terakhir pola asuh permisif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 28171123106 MOHAMMAD KHOIRUL HUDA
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:58
Last Modified: 11 Jan 2017 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item