PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NOUVY JAMIATUS SHOLICHAH, 12308193091 (2023) PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh regulasi emosi terhadap disiplin belajar santri Pondok Pesantren Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantutatif dengan metode kausal komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yakni sebanyak 94 santri putri Pondok Pesantren Darul Falah. Pengumpulan data menggunakan dua alat ukur yakni skala regulasi emosi dan skala disiplin belajar dengan jenis skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa regulasi emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar dengan nilai Raquare = 0.221 dan p =0,000<0,0. Hal ini mengandung pengertian jika subjek memiliki tingkat regulasi emosi yang tinggi, maka mereka juga akan memiliki tingkat disiplin belajar yang tinggi. Temuan penelitian ini memiliki implikasi bahwa peningkatan regulasi emosi penting untuk meningkatkan disiplin belajar santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193091 NOUVY JAMIATUS SHOLICHAH
Date Deposited: 15 May 2024 07:57
Last Modified: 15 May 2024 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45834

Actions (login required)

View Item View Item