PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI GEMAHARJO III WATULIMO TRENGGALEK

IMAROTUS SALAFIAH, 3217103037 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV MI GUPPI GEMAHARJO III WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Imarotus Salafiah. Dibimbing oleh Bapak Fathul Mujib, M. Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif. Make a Match. PKn. Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV di MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek. Hal tersebut terjadi karena beberapa hal, diantaranya siswa kurang menyukai pelajaran PKn karena sebagian besar materinya sulit. Selain itu dalam proses kegiatan pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintah pusat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memotivasi siswa dalam belajar dan menjadikan proses kegiatan belajar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintah pusat siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn materi Sistem pemerintah pusat siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintah pusat siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. 2) untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintah pusat siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan dilakukan dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Observasi digunakan untuk mengamati proses kegiatan pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Catatan lapangan digunakan untuk melengkapi data-data yang tidak terekam dalam instrumen pengumpulan data yang ada dari awal tindakan hingga akhir tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PKn pada materi sistem pemerintah pusat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek. Hal ini ditunjukkan dengan tes hasil belajar peserta didik pada pre test yaitu sebesar 22,22%, kemudian pada post test siklus I meningkat menjadi 55,55%, dan selanjutnya pada siklus II meningkst menjadi 88,88%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintah pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas IV MI GUPPI Gemaharjo III Watulimo Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217103037 imarotus salafiah
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:27
Last Modified: 27 Jan 2017 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item