PENGARUH MOOD TERHADAP IMPULSE BUYING PADA HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS)

ULIL AMRIL KHUSNI'AH, 12308183195 (2023) PENGARUH MOOD TERHADAP IMPULSE BUYING PADA HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS). [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH MOOD TERHADAP IMPULSE BUYING PADA HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Impulse buying merupakan keinginan yang kuat untuk melakukan pembelian dalam waktu yang tiba-tiba, ditempat, dan dilakukan dengan dorongan dari dalam diri. Secara umum impulse buying berasal dari dorongan kuat dalam diri tanpa perencanaan dan pertimbangan yang matang. Salah satu faktor yang mempengaruhi impulse buying adalah suasana hati atau mood. Mood merupakan kondisi emosional yang terdapat dalam diri seseorang dan berubah seiring waktu. Mood atau suasana hati orang sering kali menjadi penyebab seseorang berperilaku impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh antara mood terhadap perilaku impulsif dalam berbelanja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampel dengan jumlah 150 responden yang berusia 15-40 tahun dan melakukan transaksi belanja di hari belanja online nasional bulan Desember 2023. Instrumen penelitian ini menggunakan skala impulse buying dengan nilai reliabilitas sebesar 0,914 dan skala mood disususun berdasarkan skala Brief Mood Introspection (BMIS) yang disusun oleh Mayer dan Gaschke (1988) dengan nilai reliabilitas sebesar 0,893 teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi non-linier. Hasil penelitian menunjukkan Ha diterima dengan nilai (sig) 0,000 < 0,05 serta korelasi antara mood dan impulse buying sebesar 29,2% . Hasil tersebut membuktikan bahwa variabel mood memiliki pengaruh terhadap variabel impulse buying di hari belanja online (Harbolnas). Kata kunci : Suasana hati, impulse buying, harbolnas

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi kepribadian
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308183195 ULIL AMRIL KHUSNI'AH
Date Deposited: 15 May 2024 06:38
Last Modified: 15 May 2024 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45979

Actions (login required)

View Item View Item