HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN CYBERBULLYING DALAM FENOMENA FANWAR ANTAR K-POP FANS DI MEDIA X

LUTFIANA ALFA RIDDHOH, 126308202111 (2024) HUBUNGAN CELEBRITY WORSHIP DENGAN CYBERBULLYING DALAM FENOMENA FANWAR ANTAR K-POP FANS DI MEDIA X. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena fanwar antar K-pop fans marak terjadi di media sosial saat ini salah satunya media sosial X atau Twitter. Fanwar tidak jarang menjadi suatu ruang terjadinya berbagai perilaku negatif salah satunya tindakan cyberbullying. Cyberbullying yang terjadi berpeluang akan semakin meningkat apabila penggemar memiliki obsesi tentang perasaan dekat yang intens dengan idolanya. Obsesi penggemar yang berlebihan terhadap idolanya akan membuat penggemar tersebut rela membela idolanya dengan mengikuti fanwar dan menunjukkan perilaku cyberbullying. Obsesi yang dialami oleh penggemar tersebut biasanya disebut dengan celebrity worship. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui apakah terdapat hubungan antara celebrity worship dengan cyberbullying dalam fenomena fanwar antar K-pop fans di media X atau Twitter. Metode dalam riset ini merupakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form. Penelitian ini melibatkan 350 responden dengan kriteria merupakan penggemar K-pop, berusia 12 tahun ke atas, memiliki akun X atau Twitter yang aktif, dan pernah mengikuti fanwar K-pop. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 atau (p<0,05), dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,361. Pada akhirnya, dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara celebrity worship dengan cyberbullying dalam fenomena fanwar antar K-pop fans di media X atau Twitter. Koefisien korelasi bernilai positif yang artinya hubungan yang terjadi adalah hubungan postif, yaitu apabila celebrity worship meningkat, maka cyberbullying yang dimiliki juga akan meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308202111 LUTFIANA ALFA RIDDHOH
Date Deposited: 16 May 2024 06:17
Last Modified: 16 May 2024 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46008

Actions (login required)

View Item View Item