NITA AYU LESTARI, 12212193099 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING MATHEMATIC (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 NGIMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (601kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (657kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematic (STEM) Tehadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang” ini ditulis oleh Nita Ayu Lestari, NIM. 12212193099, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, STEM, Koloid, Hasil Belajar Salah satu permasalahan yang sering terjadi di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Materi koloid merupakan materi yang bersifat teoritis dan banyak contohnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan model pembelajaran problem based learning yang berpendekatan science, technology, engineering, mathematic (STEM) dapat dijadikan solusi untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berpendekatan science, technology, engineering, mathematic (STEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang (2) untuk mendeskripsikan respon siswa SMA Negeri 1 Ngimbang terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis science, technology, engineering, mathematic (STEM) pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen yaitu Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngimbang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian di validasi oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia, yaitu berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa berjumlah 20 butir soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning berbasis science, technology, engineering, mathematic (STEM) berjumlah 15 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji T independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran STEM-PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang dibuktikan dari perolehan nilai thitung 4,891 > ttabel 1,998,/1sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-sided) adalah 0,000 karena nilai Sig. 0,000 < taraf nyata (= 0,05) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. (2) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis science, technology, engineering, mathematic (STEM) pada materi koloid siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngimbang diperoleh respon siswa sebesar 65,63%/1dalam kategori baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193099 NITA AYU LESTARI |
Date Deposited: | 17 May 2024 07:59 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46072 |
Actions (login required)
View Item |