PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 3 BLITAR

VINA NURHIDIYAH, 126204201011 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi memiliki peran penting bagi siswa dalam memasuki abad ke-21. Terkait hal itu, model pembelajaran di sekolah harus disesuaikan agar mendukung pengembangan kemampuan literasi numerasi. Dalam konteks pembelajaran matematika, siswa seringkali bersifat pasif yang mengakibatkan rendahnya kemampuan literasi numerasi dalam memecahkan masalah dan kurangnya minat belajar matematika. Selain itu, juga disebabkan kebiasaan siswa yang hanya menerima pengetahuan tanpa berusaha menggali pengetahuan sendiri. Sehingga, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dan memanfaatkan potensi mereka. Pendekatan pembelajaran yang sesuai yaitu Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas X di MAN 3 Blitar, (2) ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Blitar, dan (3) ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Blitar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain Post test Only Control Group. Data diperoleh melalui penyebaran post-test untuk mengukur kemampuan literasi numerasi dan post-angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Tes dan angket diberikan kepada siswa di kelas eksperimen maupun kelas kontrol setelah siswa memperoleh perlakuan berupa penerapan model pembelajaran. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas X di MAN 3 dan selisih rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 10,942. (2) ada pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Blitar dan selisih rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,118. (3) ada pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201011 VINA NURHIDIYAH
Date Deposited: 27 May 2024 03:54
Last Modified: 27 May 2024 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46195

Actions (login required)

View Item View Item