MUHAMMAD RIZA DWI APRIANDA, 12201193228 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MEMBACA DAN MENULIS HURUF ARAB PEGON SANTRI DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH NURUL HIDAYAH SAMBIROBYONG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (571kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Membaca dan Menulis Arab Pegon Santri di Madrasah Diniyah Salafiayah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Riza Dwi Aprianda, NIM 12201193228, dosen pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag. M.Pd.I. Kata Kunci Strategi, Pembelajaran, Arab Pegon Kekhasan kitab kuning adalah dengan cara menerjemahkan setiap kata, frase dan berbagai unsur gramatikal bahasa Arab ke dalam bahasa Jawa. Hasil terjemahannya ditulis di bawah setiap kata bahasa Arab yang diterjemahkan dengan menggunakan huruf Arab pegon. Pembelajaran kitab kuning tersebut masih dilestarikan oleh Lembaga Madrasah Diniyah Salafiayah Nurul Hidayah Sambirobyong sebagai pembelajaran utama namun berdasarkan evaluasi seluruh ustadz santri mengalami penurunan dalam hal membaca dan menulis huruf arab pegon sehingga perlu adanya inovasi sistem yang lebih baik lagi dalam hal pembelajaran arab pegon salah satu upaya kepala madrasah adalah menerapkan strategi pembelajaran Ekspositori yang berfokus pada latihan – latihan soal arab pegon yang didokumentasikan dalam buku pedoman penulisan arab pegon. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran ustadz dalam meningkatkan kemempuan membaca dan menulis arab pegon bagi santri Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah?,(2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran ustadz dalam meningkatkan kemempuan membaca dan menulis arab pegon bagi santri Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah?,(3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran ustadz dalam meningkatkan kemempuan membaca dan menulis arab pegon bagi santri Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran membaca dan menulis huruf arab pegon. Penelitian ini mengguanakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan strategi pembelajaran ekspositori dalam membaca dan menulis santri dengan menyusun tahapan strategi pembelajaran meliputi : penyusunan, pendahuluan, penyajian, penutup, (2) pelaksanaan strategi ekspositori pembelajaran dalam meningkatkan kemamampuan membaca dan menulis santri dengan kegiatan belajar mengajar dikelas dengan melaksanakan strategi pembelajaran Ekspositori, metode ceramah, dan pendekatan berpusat pada guru, (3) evaluasi dilaksanakan 3 tahap untuk santri yaitu : evaluasi harian, bulanan, semesteran. Untuk ustadz evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran setiap bulan. Santri mengalami peningkatan dalam menulis dan membaca huruf arab pegon setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193228 MUHAMMAD RIZA DWI APRIANDA |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46213 |
Actions (login required)
View Item |