NUR FADILAH, 126211201033 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL (PHET) TERHADAP PEHAMANAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS SISWA KELAS XI MA BAHRUL ULUM BESUK PROBOLINGGO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Nur Fadilah, NIM. 126211201033. 2024. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual (PheT) Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Skripsi. Program Studi Tadris Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Laboratorium virtual (PheT), Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan konsep serta kurangnya motivasi belajar siswa, hal ini dikarenakan laboratorium yang kurang memadai sehingga siswa tidak pernah melakukan kegiatan praktikum. Untuk mengatasi hal tersebut diberilah media pembelajaran yang efektif salah satunya adalah laboratorium virtual (PheT). Physics Education Technology (PheT) adalah media simulasi yang dikembangkan oleh University of Colorado yang didalamnya terdapat beberapa simulasi seperti fisika, kimia dan biologi. Laboratorium virtual (PheT) sangat cocok diterapkan disekolah yang memang tidak memiliki laboratorium konvensional, karena laboratorium virtual (PheT) ini sangat efektif sebagai pengganti laboratorium konvensional. Tujuan penelitian adalah: 1). Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan laboratorium virtual (PheT) materi fluida statis terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. 2). Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan laboratorium virtual (PheT) materi fluida statis terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. 3). Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan laboratorium virtual (PheT) materi fluida statis terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Penelitian ini dilakukan di MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo, dengan populasi seluruh siswa kelas XI yaitu sebanyak 63 siswa. Sampel sebanyak 41 siswa dimana kelas XI A sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas XI C sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. Teknik sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest-posttest), angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-test dan Uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual (PheT) materi fluida terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,002 < 0,05) sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. (2) Ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual (PheT) materi fluida statis terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu (0,000 < 0,05) sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. (3) Ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual (PheT) materi fluida statis terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas XI MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Manova diperoleh nilai signifikasi Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root adalah (0.000 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan laboratorium virtual (PheT) terbukti ada pengaruh terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi fluida statis siswa kelas XI MA Bahrul Besuk Probolinggo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika > Tekanan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211201033 NUR FADILAH |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:59 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46443 |
Actions (login required)
View Item |