IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI AISYIYAH KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK

VINA ROSLIANI, 126201203267 (2024) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MI AISYIYAH KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di MI Aisyiyah Kertosono Kabupaten Nganjuk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena metode membaca Al-Qur‟an saat ini masih cenderung tradisional (nada datar dan monoton), sehingga anak-anak kurang tertarik untuk belajar membaca Al-Qur‟an. MI Aisyiyah Kertosono dalam menanggapi hal tersebut menerapkan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an. Metode tilawati merupakan salah satu metode membaca Al�Qur‟an yang memiliki ciri khas berupa lagu rost, sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan saat pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan desain metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di MI Aisyiyah Kertosono Kabupaten Nganjuk. (2) Mendeskripsikan konten metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di MI Aisyiyah Kertosono Kabupaten Nganjuk. (3) Mendeskripsikan evaluasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di MI Aisyiyah Kertosono Kabupaten Nganjuk. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi (partisipan), wawancara (mendalam), dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Desain yang digunakan sebelum pembelajaran dimulai yaitu dengan melakukan pembekalan bagi guru-guru, diadakan pre-test bagi para siswa, menata tempat duduk melingkar atau membentuk huruf “U”, dan pembelajaran berlangsung selama 45 menit. (2) Metode tilawati terdiri dari 6 jilid dengan menggunakan pendekatan klasikal dan pendekatan individual. (3) Evaluasi metode tilawati terdiri dari pre-test, kenaikan harian/halaman, dan kenaikan jilid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203267 VINA ROSLIANI
Date Deposited: 31 May 2024 08:59
Last Modified: 31 May 2024 08:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46452

Actions (login required)

View Item View Item