PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II-A MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG

TRY DEWI RUKMANA, 2817123166 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II-A MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II-A Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Try Dewi Rukmana, NIM. 2817123166, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, M. Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Course Review Horay, Hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala dalam proses pembelajaran matematika, diantaranya adalah: (1) Peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena merasa bosan atau kurang tertarik dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan, (2) Dalam proses belajar mengajar selama ini hanya sebatas pada upaya menjadikan peserta didik mampu dan terampil mengerjakan soal-soal. Untuk mengatasi beberapa kendala tersebut, metode Course Review Horay dirasa sangat tepat karena dapat membangkitkan semangat antar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun datar peserta didik kelas II-A Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? 2. Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun datar peserta didik kelas II-A Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan penerapan Metode Course Review Horay pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas II-A MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung. 2. Meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan Metode Course Review Horay peserta didik kelas II-A MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung. Berdasarkan tujuan yang sudah dijelaskan diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaanya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflection). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, metode angket dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode angket digunakan untuk memperoleh data berupa respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan metode Course Review Horay. metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat penelitian dengan foto-foto, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus pertama adalah 68 (65%), sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 80,5 (80%). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,5. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembejaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar kelas II-A di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123166 TRY DEWI RUKMANA
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:44
Last Modified: 24 Jan 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item View Item