STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 3 BLITAR

AHMADA FAHMA SAKILA, 126201202108 (2024) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Ahmada Fahma Sakila NIM: 126201202108 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pembimbing Evy Ramadina, S. Pd.I., M. Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru Fiqih, Kurikulum Merdeka Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi bahwasannya sesuai KMA Nomor 347 Tahun 2022 tentang pedoman implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran fiqih pada Madsarah Aliyah. Maka, guru fiqih diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan menerapkan pembelajaran sesuai KMA tersebut, untuk itu diperlukan adanya strategi dalam penerapannya. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah (1) Persiapan guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar (2) Proses pembelajaran guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar (3) Strategi guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar dengan menerapkan berbagai macam strategi dalam proses pembelajaran guru fiqih dapat menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Strategi pembelajaran yang digunakan guru fiqih meliputi strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kontekstual. Serta faktor-faktor yang ada dalam penerapan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahap yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Fiqih, dan Peserta didik kelas X MAN 3 Blitar. Hasil Penelitian Pertama, Persiapan guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar yaitu membentuk tim pengembang kurikulum operasional madrasah, membentuk tim khusus guru fiqih, mengikuti diklat atau pelatihan, merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari mendalami capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran dan merancang modul ajar. Kedua, Proses pembelajaran guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar ada tiga kegiatan yang dilaksanakan dikelas diantaranya yaitu kegiatan pendahuluan terdiri dari mengucapkan salam, berdo’a, tadarus alqur’an, presensi, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan sesi tanya jawab terkait materi yang akan dibahas dan memotivasi peserta didik. Kegiatan inti guru fiqih menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sumber belajar yang digunakan yaitu bahan ajar fiqih kelas X, Kurikulum Madrasah Aliyah (KMA) 2019, Buku elektronik, Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Buku-buku di perpustakaan. Sumber belajar tambahan yaitu youtube, e-book, internet. Media pembelajaran yang digunakan yaitu LCD proyektor dikelas, LCD proyektor di perpustakaan, komputer dan wifi. Kegiatan penutup yaitu refleksi dengan cara meminta peserta didik untuk mereview kembali terhadap materi yang sudah disampaikan, kemudian guru memberikan umpan balik dan mengaitkan materi yang telah disampaikan dengan kehidupan sehari-hari dan memberikan kesimpulan serta menginformasikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya. Guru fiqih melakukan evaluasi dalam bentuk penilaian yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Ketiga, Strategi guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka pada peserta didik kelas X di MAN 3 Blitar sudah mengarah pada anjuran dalam kaidah kurikulum merdeka. Guru fiqih menerapkan beberapa strategi yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kontekstual. Faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka diantaranya yaitu adanya pembekalan atau pelatihan dalam penerapan kurikulum merdeka, menjadi fasilitator yang baik bagi peserta didik, adanya sarana dan prasarana yang mendukung penerapan kurikulum merdeka. Faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka diantaranya yaitu pemahaman guru mengenai kurikulum merdeka belum sepenuhnya, kesulitan dalam membuat program P5 PPRA, kesulitan dalam mengondisikan peserta didik setelah melakukan kegiatan P5 PPRA. Diperoleh kesimpulan bahwa adanya kebijakan tentang kurikulum merdeka memberikan harapan besar bagi lembaga pendidikan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan mutu pendidikan di lembaganya. Maka dari itu, dibutuhkan strategi guru fiqih dalam menerapkan kurikulum merdeka yang mumpuni. Strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif akan membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian adanya strategi guru fiqih yang tepat akan mencetak peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas, memiliki kemampuan dalam bersosialisasi serta memiliki keterampilan dalam berkomunikasi agar nantinya mereka mampu memahami, mengembangkan dan menerapkan ajaran fiqih dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202108 AHMADA FAHMA SAKILA
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:01
Last Modified: 04 Jun 2024 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46563

Actions (login required)

View Item View Item