EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 BLITAR PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

LIA RULI HAPSARI, 126211202071 (2024) EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 BLITAR PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN 2 Blitar pada Materi Energi Terbarukan” ini ditulis oleh Lia Ruli Hapsari, NIM. 126211202071, pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), energi terbarukan. Penelitian ini didasari oleh hasil analisis kebutuhan di MAN 2 Blitar yang menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih bersifat umum dan belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman pembelajaran dari kurikulum merdeka. Selain itu, LKPD yang ada belum mengintegrasikan aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses penemuan dan penerapan konsep fisika. Akibatnya, sebagian besar LKPD di MAN 2 Blitar belum mampu memberikan pengalaman belajar yang memadai dan belum dapat mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik secara optimal. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Blitar pada materi energi terbarukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D. Model ini terdiri dari empat tahapan define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian tahap pertama populasi penelitian adalah seluruh peserta didik yang telah menerima materi energi terbarukan. Sampel penelitian pada tahap pertama adalah kelas XI B. Pada penelitian tahap kedua populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 2 Blitar. Sampel penelitian terpilih adalah kelas X J sebagai kelas kontrol dan kelas X I sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli media, tenaga pendidik mata pelajaran fisika, angket respons peserta didik, dan soal post test yang diberikan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi energi terbarukan untuk peserta didik kelas X di MAN 2 Blitar menggunakan model 4D yang mencakup empat tahap utama yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan produk). (2) Hasil dari analisis data angket validasi menunjukkan skor rata-rata hasil validasi ahli media adalah 4,37 dengan kategori sangat valid/sangat layak dan hasil analisis data angket validasi ahli materi adalah 3,65 dengan kategori valid/layak. (3) Hasil analisis keterbacaan diperoleh nilai rata-rata respon peserta didik adalah 4,12 dengan kategori layak/mudah digunakan. (4) Berdasarkan hasil uji-t sampel bebas memperoleh nilai signifikasi (2-tailed) 0,001< 0,05 menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis PBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar daripada pembelajaran tanpa menggunakan media LKPD berbasis PBL. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran LKPD berbasis PBL ini efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202071 LIA RULI HAPSARI
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:49
Last Modified: 07 Jun 2024 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46717

Actions (login required)

View Item View Item