PENGARUH TEKNIK COGNITIVE DEFUSION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA DI MAN 3 JOMBANG

Noor Rosida Khumairotul 'Izza, 12306183014 (2022) PENGARUH TEKNIK COGNITIVE DEFUSION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA DI MAN 3 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH TEKNIK COGNITIVE DEFUSION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPA DI MAN 3 JOMBANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepercayaan diri siswa kelas XI IPA di MAN 3 Jombang (2) pengaruh teknik cognitive defusion untuk meningkatkan kepercayaan diri siswi kelas XI IPA di MAN 3 Jombang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswi kelas XI IPA yang berjumlah 84 siswi. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 siswi dimana siswi tersebut memiliki kepercayaan diri yang rendah, kemudian diberikan treatment teknik cognitive defusion dengan 5 tahap secara berkesinambungan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri dengan skala likert. Data yang terkumpul yaitu data pretest kepercayaan diri siswi dan posttest kepercayaan diri siswi sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, karena data penelitian tidak lolos uji normalitas dan homogenitas maka selanjutnya untuk pengujian hipotesis menggunakan statistik non-parametrik yaitu uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepercayaan diri siswi kelas XI IPA di MAN 3 Jombang berada pada kategori rendah dengan persentase 40,48% (2) Teknik cognitive defusion berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswi, hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti adanya perbedaan kepercayaan diri siswi sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan teknik cognitive defusion. Dengan demikian menunjukkan bahwa teknik Cognitive Defusion berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswi kelas XI IPA di MAN 3 Jombang. Kata Kunci: Cognitive Defusion, Kepercayaan diri, Siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306183014 NOOR ROSIDA KHUMAIROTUL 'IZZA
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:35
Last Modified: 06 Jun 2024 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46754

Actions (login required)

View Item View Item