ANDIKA HADI PRASETYO, 3211113039 (2017) ANDIKA HADI PRASETYO 3211113039 (2017)IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKANKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (697kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (217kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (111kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (67kB) |
Abstract
ABSTRAK Andika Hadi Prasetyo, 3211113039, 2016. Skripsi dengan judul Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kepribadian Siswa di MAN 2Tulungagung. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Di mimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak, Kepribadian pemebelajaran aqidahh akhlak sangat berperan penting dalam proses penumbuhan kepribadian muslim siswa, karena siswa yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah masih sangat memerlukan bimbingan dan pengawasan agar mereka tidak terjerumus kearah kehidupan yang tidak diinginkan. Guru Aqidah Akhlak bukanlah hanya sekedar mengajarkan materi di kelas, akan tetapi guru Aqidah akhlak haruslah dapat mengubah sikap atau perilaku anak didik itu sesuai dengan ajaran – ajaran agama islam yang telah mereka terima. fokus penelitian: 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? 2) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Memnumbuhkan Sopan Santun Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menumbuhkan disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung, 2) Mengetahi implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menumbuhkan sopan santun siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung, Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada: 1) Peneleti sebagai penambah wawasan dan sarana mengaktualisasikan berbagai macam ilmu pengetahuan 2) Perguruan tinggi IAIN Tulungagung dijadikan sebagai bahan masukan dan sumbangsih pemikiran untuk tercapainya tujuan pendidikan Aqidah Akhlak 3) Dapat dijadikan sebagai suatu masukan yang konstruktif bagi MAN 2 Tulungagung dalam hal pembetukan kepribadian Muslim siswa di MAN 2 Tulungagung Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, menggunakan analisis dengan penelaran induktif. Mengambil latar belakang MAN 2 Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu mencocokkan data hasil wawancara dan dokumentasi dengan hasil pengamatan langsung (observasi). Hasil penelitian ini adalah Pertama, Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan disiplin siswa yaitu menererapkan beberapa metode pembelajaran, pemberian nasehat dan motivasi memberikan pembiasaan-pembiasaan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan pembelajaran, memberikan bimbingan, selalu mendampingi siswa dalam upaya menumbuhkan disiplin untuk selalu melaksanakan kewajiban. Kedua, Implementasi Pembelajaran Aqidah dalam menumbuhkan sopan santun siswa yakni dengan membudayakan perilaku sopan santun dan pemberian contoh langsung, memberikan pembiasaan dan bimbingan yang dapat menuntun siswanya agar berakhlak baik dengan dengan selalu berperilaku sopan santun terhadap sesama, baik itu kepada teman guru maupun orang lain yang lebih tua.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 3211113039 Andika Hadi Prasetyo |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 06:33 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4683 |
Actions (login required)
View Item |