PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PAI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA di SMPN se Kabupaten Tulungagung

Titin Maesareni, 1756144052 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PAI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA di SMPN se Kabupaten Tulungagung. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text (Halaman Sampul)
Bagian depan PDF.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Titin Maesareni, 1756144052, 2016. “Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Guru PAI dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN se Kabupaten Tulungagung”, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag dan Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata kunci : kompetensi profesionalisme guru, motivasi belajar, prestasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Kualitas pendidik yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus belajar sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Motivasi belajar juga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Rumusan masalah : (1) Bagaimanakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa SMPN se Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa SMPN se Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimanakah pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa SMPN se Kabupaten Tulungagung? (4) Bagaimanakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa SMPN se Kabupaten Tulungagung (5) Bagaimanakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMPN se Kabupaten Tulungagung?, (6) Bagaimanakah pengaruh antara kompetensi profesionalisme guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMPN se Kabupaten Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Tulungagung, populasi sebanyak 741 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling Jumlah sampel berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% yaitu sebanyak 88 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana (uji t), regresi berganda (uji F). Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di SMPN se Kabupaten Tulungagung sebesar 8%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di SMPN se Kabupaten Tulungagung sebesar 1,2%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa di SMPN se Kabupaten Tulungagung sebesar 1%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa di SMPN se Kabupaten Tulungagung sebesar 1,3%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPN se Kabupaten Tulungagung sebesar 2,5%. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesionalisme guru, dan motivasi belajar mampu menerangkan atau memprediksi nilai variabel terikat prestasi belajar siswa sebesar 3,1%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154001 abdul qohar
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:41
Last Modified: 24 Jan 2017 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item