IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANG KETERTIBAN UMUM TERHADAP KEGIATAN USAHA DI TEPI JALAN JEMBATAN NGUJANG II (Studi Kasus di Area Tepi Jalan Jembatan Ngujang II Tulungagung)

MOHAMMAD IZAM FIRDAUS ABDUL SHOMAD, 126101201047 (2024) IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN TULUNGAGUNG NOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANG KETERTIBAN UMUM TERHADAP KEGIATAN USAHA DI TEPI JALAN JEMBATAN NGUJANG II (Studi Kasus di Area Tepi Jalan Jembatan Ngujang II Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mohammad Izam Firdaus Abdul Shomad, 126101201047, Implementasi Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Ketertiban Umum Terhadap Kegiatan Usaha ditepi Jalan Jembatan Ngujang II (Studi Kasus di Area Tepi Jalan Jembatan Ngujang II Tulungagung). Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. H. M. Darin Arif Muallifin, SH., M.Hum Kata Kunci: Implementasi, Peraturan Daerah, Kegiatan Usaha Latar belakang penelitian ini dikarenakan adanya suatu kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat di lokasi umum milik pemerintah. Menarik untuk dikaji karena hal tersebut tidak sesuai dengan aturan yang dibuat pemerintah bahkan sekarang lokasinya sudah menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar. Rumusan dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana Implementasi Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Ketertiban Umum Terhadap Kegiatan Usaha ditepi Jalan Jembatan Ngujang II?; 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Ketertiban Umum Terhadap Kegiatan Usaha di Tepi Jalan Jembatan Ngujang II?; 3) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terkait Ketertiban Umum Terhadap Kegiatan Usaha di Tepi Jalan Jembatan Ngujang II?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan pihak Dinas, Desa, Pedagang, dan Dokumentasi. Sedangkan dalam Metode analisis data menggunakan Classifying, Verifikasi, dan Kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 tentang ketertiban umum terhadap kegiatan usaha ditepi jalan jembatan Ngujang II, belum sepenuhnya dilaksanakan karena lokasi terebut dipergunakan berjualan masyarakat untuk mecukupi kebutuhan mereka sehari-hari. masih memberikan toleransi berupa sosialisasi2) Terkait faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Perda kabupaten Tulungagung Nomor 7 Tahun 2012 tentang ketertiban umum terhadap kegiatan usaha ditepi jalan jembatan Ngujang II ada dtiga, yang pertama kurangnya koordinasi antara Dinas PUPR dengan Satpol PP. Kedua faktor ekonomi yang dimana area jembatan Ngujang II dipergunakan masyarakat untuk kegiatan usaha untuk mencari nafkah. Ketiga masyarakat hanya memanfaatkan lahan kosong. 3) Menurut perspektif hukum Islam sewa menyewa (Ijarah) lahan kosong milik Pemda yang dilakukan pihak Desa Pucung Lor dan Desa Bukur dengan masyarakat yang ada di area tepi jalan Jembatan Ngujang II ini tidak sah hukumnya karena tidak sesuai dengan syarat rukun Ijarah yang harus terpenuhinya hak milik atas barang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201047 MOHAMMAD IZAM FIRDAUS ABDUL SHOMAD
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:20
Last Modified: 10 Jun 2024 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46934

Actions (login required)

View Item View Item