PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBAHAN POLYSTYRENE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA DI MTSN TUNGGANGRI TAHUN PELAJARAN 2015/201

YANTI WULANDARI, 2814123156 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBAHAN POLYSTYRENE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA DI MTSN TUNGGANGRI TAHUN PELAJARAN 2015/201. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Yanti Wulandari, NIM. 2814123156, 2016. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbahan Polystyrene Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Bangun Datar Segitiga di MTsN Tunggangri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Alat, Peraga, Polystyrene, Hasil, Belajar, Segitiga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika itu sulit sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran matematika, selain itu masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa cenderung bosan sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut peneliti hendak mempermudah pemahaman siswa mengenai bangun datar segitiga dengan menggunakan alat peraga. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan alat peraga berbahan polystyrene terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bangun datar segitiga di MTsN Tunggangri tahun pelajaran 2015/2016. (2) Mengetahui besar pengaruh penggunaan alat peraga berbahan polystyrene terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bangun datar segitiga di MTsN Tunggangri tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan batasan dalam penelitian ini adalah penelitian ini dilakukan di MTsN Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, semester genap tahun ajaran 2015/2016, subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tunggangri, dan materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi bangun datar segitiga. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah alat peraga berbahan polystyrene dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tunggangri Kalidawir yang terdiri dari 10 kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga berbahan polystyrene terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bangun datar segitiga di MTsN Tunggangri tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung = 5,362, sedangkan t_tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,000. Karena t_hitung > t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima. (2) Besar pengaruh penggunaan alat peraga berbahan polystyrene terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bangun datar segitiga di MTsN Tunggangri tahun pelajaran 2015/2016 adalah 16,47%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123156 YANTI WULANDARI
Date Deposited: 26 Jan 2017 03:14
Last Modified: 26 Jan 2017 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item